Top Social

Jika Ciri anak UI adalah insomnia, lalu gue???

|
"Semua orang diberi waktu 24 jam, tergantung kalian memanfaatkannya"
-Gue lupa baca ini dari buku apa

Image Courtesy of McLac2000 at pixabay.com


Gue adalah mahasiswa yang jam tidurnya masih dari jam 9 malem dan bangun pas adzan subuh. You might be surprise? Well, temen2 gue juga gitu. Entah kenapa tiap jam 9 seolah ada alarm di kepala gue yang menyuruh gue tidur. Jam tidur gue yang jam 9 malem itu menyebabkan gue selalu diledek sama temen2 gue, bahkan dari SMP. Cuma gue ngga pernah menggubris ucapan mereka. Jam tidur gue ngga pernah jadi masalah bagi gue, sampai gue jadi seorang mahasiswa. Ya, sampai gue jadi mahasiswa.

Masalah pertama adalah gue diledek sama temen2 gue selorong di asrama. Gue pun curhat ke nyokap gue mengenai ledekan mereka. Gue berharap nyokap gue bilang bahwa jam tidur gue jam 9 malem itu bener dan gue dipuji anak baik.

Sialnya, nyokap gue ngerespon dengan pertanyaan “Jeje serius tidur jam 9 malem? Umi aja waktu jadi mahasiswa ngga pernah tidur jam segitu. Selalu begadang”. Oh Great! (-_-“).
Lalu ketika gue cerita respon nyokap gue ke temen2 gue di lorong asrama, they laugh at me. Bahkan nova bilang anak ui ngga ada yang tidur jam 9 kayak gue. Anak ui terkenal insomnia.
Great! Gue secara tidak langsung bukan anak ui.

Mungkin anak-anak UI itu kayak burung hantu?
Image Courtesy of Alexas_Fotos at pixabay.com


Masalah kedua datang dari sifat perfeksionis gue dan need for achievement gue yang tinggi. Gue pengen bisa kayak temen2 gue yang belajar sampai begadang. Ada banyak bab yang mesti gue baca dan tugas yang mesti gue kerjakan. Dengan jam tidur gue yang jam 9 dan menghabiskan waktu 8 jam buat tidur sungguh membuat gue sehat secara fisik tapi gue merasa stress karena gue punya target IP yang tinggi, gimana bisa tercapai kalau begini ceritanya?

Awalnya gue mengatasi masalah tersebut dengan membuat hari minggu adalah hari belajar. Dari pagi sampai malem, gue gunakan hari minggu full buat belajar tapi sumpah itu tuh masih belum cukup. Sifat perfeksionis gue sering membuat tugas gue lama kelar karena gue percaya gue harus baca banyak buku sebelum bisa nulis esai (note: di psiko banyak banget tugas esai) dan gue paling benci liat kata yang salah ketik atau salah tanda baca. Dengan sifat perfeksionis gue dan target gue yang tinggi, seharusnya gue tidak tidur jam 9 malem.

Kalian tahu? Tidur jam 10,11, atau 12 malem, itu udah gue anggap begadang. Temen2 gue ketawa ngedengernya karena buat temen2 gue di ui itu sih belum mereka anggap begadang. Jam 11 atau 12 tuh jam tidur normal mereka. Bahkan ada temen gue yang tidur Cuma tiga jam sehari. 3 jam? Loe banyangin dan dia selalu nyelesain tugas lebih dulu. Sumpah gue ngiri banget. Kebayang ngga sih kalau mereka punya lebih banyak waktu buat belajar dan sumpah itu bikin gue ngiri abis.. gue pengen bisa insomnia kayak mereka. Kalau jam tidur gue ngga jam 9, mungkin  banyak buku yang udah gue selesai baca dan gue bisa ikut banyak kegiatan.

Akan tetapi tidur jam 11 atau 12 udah berarti gue bakal masuk angin atau pilek2 keesokan harinya. Gue jadi ngerasa tubuh yang gue punya tuh manja banget.
Gue inget waktu gue ikut pemilihan ketua BWB (Best Wanna be, pelatihan bem UI), gue dikritik karena kelihatan ngantuk dan loyo. Ketika gue ngejelasin kalau jam tidur gue tuh jam 9, temen2 gue di BWB bahkan panitia BWB ngga percaya. See???
Yang paling bikin gue kagum dengan temen2 gue di asrama yang bisa begadang adalah dengan tugas dan kegiatan seabrek, mereka mencuci dan menyetrika baju sendiri. Gue sih pake jasa laundry. Melihat hal tersebut membuat gue kagum sekaligus stress karena gue merasa ngga ada apa2nya dibanding mereka.

Setelah gue tanya temen2 gue yang bisa begadang ternyata mereka tidur siang sebelumnya. Buat gue tidur siang tuh hal aneh karena pagi, siang dan sore tuh waktu produktif buat gue. Waktu kecil aja gue jarang tidur siang. Akan tetapi gue pun mencoba cara tidur siang but it did not work with me. Gue paling tidur jam 10 atau 11 kalau tidur siang dan itu sama aja dengan efek kalau gue minum kopi. Mending gue minum kopi deh.

Pas liburan semester kemarin, karena stres jam tidur menyebabkan asma gue kambuh dan sempet dibawa ke UGD. Nyokap gue bilang IP yang gue capai di semester 1 udah bagus cuma masalahnya gue pengen IP gue di  tuh 3.9.

Tapi pengalaman asma gue kambuh yang membuat gue sempet dibawa ke UGD membuat gue kapok. Gue pun mulai berusaha menerima kondisi gue yang punya asma dan jam 9 malem udah tidur. Selama gue bisa memanfaat waktu gue yang sempit dengan sebaik-baiknya mungkin gue masih bisa mencapai yang ingin gue capai.

Ngomong2 soal jam tidur, gue jadi inget kalau golongan darah B (note: golongan darah gue tuh B) tuh tipe yang paling gampang tidur di antara golongan darah yang lain. Well, mungkin aja daripada gue ngeluh jam tidur gue, lebih baik gue memikirkan cara supaya bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Siapa tahu aja, nanti gue bikin buku “tips2 memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin untuk orang2 yang tidur jam 9 malem.”. Gue bahkan berkhayal kalau gue bisa jadi orang sukses suatu hari nanti, gue bakal bilang gue emang tidur jam 9, tapi bukan berarti gue ngga bisa sukses kan? :)
Hehehhehhe...


Makasih yang udah mau baca curhatan Hana.
Wish me luck, guys! \(^-^)/
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature