Top Social

Happy Birthday Hana! I want you to remember..

|

Dear hana,

Happy b’day to you! Happy b’day to you! happy b’day yang ke-19! \(^o^)/

Can u believe that you’re already 19 years? :D I can’t believe it my self. Waktu serasa berlalu dengan cepat ya? Kau ingat saat TKA, kau selalu rangking 2? Kemudian di akhir tahun kau mendapat peringkat satu tapi kau tidak mendapat boneka barbie yang umi janjikan jika kau mendapat peringkat satu. Saat itu, kau mulai belajar menerima bahwa ada hal-hal yang tidak bisa kita dapatkan walaupun kita menginginkanya.


Bagaimana dengan sailormoon? Tokoh kartun Jepang yang selalu kau tonton waktu TKA itu? Masihkah kau mengingatnya? Ingat tidak ketika umi hendak mematikan TV dan melarang kau menonton Sailormoon. Lalu kau merengek dan memohon agar beliau tetap memperbolehkanmu menonton tv. Beliau bertanya apa yang dapat kau pelajari dari kartun tsb, Kalau tidak salah ingat kau berhasil menjawabnya, walau aku sudah lupa persisnya apa yang kau jawab.  Semenjak itu, kau belajar untuk mengambil pelajaran atau hikmah dari acara TV dan film yang kau tonton.


O ia, bagaimana ketika waktu kau mau masuk SD? Umi bilang kau harus selalu rengking satu. Lalu kau bertanya kenapa kau harus selalu rengking satu? Umi bilang supaya kau dapat PMDK masuk UI. Lalu dirimu teringat saat kau menonton tayangan di TV saat terjadi reformasi, Kau melihat para mahasiswa UI dan kau merasa mereka keren karena mereka membantu melakukan perubahan. Saat itu, kau tetapkan tekadmu untuk belajar rajin dan selalu pringkat satu supaya masuk UI. Kau ingin menjadi bagian dari perubahan seperti mereka. Dan lihat sekarang, kau mahasiwa UI. Alhamdulillah salah satu mimpimu tercapai :)

Kuberitahu kau satu hal, saat Kelas 1 dan 2 SD kau paling cengeng, kau selalu menangis saat mendapat nilai di bawah nilai 9. Kau takut umi akan marah, tapi ternyata umi tidak memarahimu karena nilaimu tetapi karena kau menangis dan malah memarahimu karena merepotkan guru-gurumu. :) Apakah kau mengingatnya Hana?

Dulu kau sering melihat kalender berharap akan tiba hari abi pulang ke karawang, sehingga kau bisa meminta beliau menggedongmu atau memijatmu. Tapi ternyata beliau lebih sering pulang sebulan sekali. Saat itu, kau pun mulai tersebiasa dan berhenti berharap. Karena kau tahu abimu akan pulang saat beliau menginginkannya.
Lalu ingat tidak ketika kelas empat, kau selalu iri sama murid pindahan yangs elalu mendapat nilai ulangan lebih baik di atasmu. Kau menganggap dia saingannmu dan kau sangat membenci dirinya. Sekera apapun usahamu, kau tidak pernah mendapat nilai lebih baik dari dirinya. Anehnya, kau yang mendapat peringkat satu. Lalu di akhir kelas empat, teman yang selama ini kau benci bilang bahwa dia mengagumimu. Kau malu pada dirimu sendiri dan semenjak itu kau belajar bahwa iri pada seseorang hanya membuat dirimu sedih dan tidak bermanfaat bagi dirimu.


Apakah kau masih mengingatnya dengan jelas Hana? :) kalau tidak, mungkin kau harus mengakui bahwa kau sudah bertambah tua. Hahahah :D


Aku tahu saat ni kau merasa sedang jenuh dan merasa stress. Tapi, aku ingin mengingatkan mu untuk bermimpi, bekerja keras, dan memiliki motivasi internal yang kuat. Remember when u 1st got accepted in SMP 1 Karawang? You want to be OSIS leader. Everybody said that it was impossible, but you kept dreaming and believing. Cita2 mu menjadi tercapai. Lalu saat kau ingin menjadi murid berprestasi tingkat kab. Karawang, kau berhasil. Padahal saat itu, masa-masa yang cukup berat bagimu. Kau bermusuhan dengan sepupu-sepupumu dan kau dibenci teman2 yang tidak menyukai kinerjamu sebagai ketua OSIS. Kau begitu tertekan sampai pernah terbesit untuk bunuh diri. Dan saat itu pertama kalinya asmamu kambuh parah, kau merasa seperti ada seseorang yang mencekik lehermu. Bukan pilek yang tiap pagi kau alami. Kau tahu apa yang membuatmu bertahan menghadapi masa-masa sulit tersebut? Karena kau memiliki harapan akan mimpi-mimpimu. Kau tahu mantra patronus untuk para dementor. Kau tetap bertahan karena kau ingin menjadi orang sukses yang bisa membuat umi tersenyum. Kau juga tahu kalau bunuh diri itu tindakan pengecut karena itu hanya menandakan kau lari dari masalah. Kau selalu berkata pada dirimu sendiri bahwa jangan pernah lari dari masalah, kau percaya masalah ini akan berakhir. Kau percaya Allah tidak akan memberi beban melebihi kemampuan hambaNya dan kau percaya bahwa Allah akan memberi kemudahan. :D


Lalu saat SMA, cita2mu untuk memiliki kakak laki-laki, jadi penyiar radio, dan PMDK UI berhasil tercapai. Ingat kata-kata Waltz Disney. “if you can dream it, you can do it”. Kenapa? Karena kita biasanya menetapkan cita2 karena kita tahu bahwa kita bisa mencapainya.
Aku  berharap di usia berapapun kamu membaca surat ini, aku ingin kamu tidak patah semangat ataupun putus asa. ingat mimpi2mu kan?
  • Kau ingin jadi psikolog dan memiliki gelar Prof. Hana Bilqisthi, Ph.d
  • Kau ingin dapet beasiswa S2 psikologi di Oxford/Harvard University
  • Kau ingin mendirikan lembaga konsultasi psikologi di Karawang
  • Kau ingin mendirikan majalah yang isinya tentang psikologi atau psychology today versi Indonesia
  • Kau ingin menjadi menteri pendidikan
  • Kau ingin menikah dengan pria yang mencintaimu dan keluargamu, dia memiliki visi dan misi yang sama denganmu
  • Kau ingin memiliki empat orang anak dan nama mereka diawali huruf H
  • Kau ingin menjadi uwa atau bibi favorit bagi keponakan2mu
  • Kau ingin memiliki apartemen dan juga rumah dengan halaman yang luas
  • Kau ingin.... (lanjutin sendiri ya.... capek juga ngetiknya. Hehehhe ) :D

Kalau kau merasa stres, jenuh, tertekan sampai kehilangan kepercayaan diri, ingatlah dan percayalah pada janji Allah yang tidak akan memberikan beban di luar kemampuan HambaNya. Ingatlah mimpi-mimpimu, Hana. Jika masih belum berhasil, katakan pada dirimu sendiri bahwa kau bisa melewatinya. Kau harus tahu bahwa bukan hanya kau saja yang mengalami kesulitan, ada banyak orang di dunia ini yang sama2 berjuang sepertimu, Hana. Bahkan banyak yang lebih parah. Kau masih beruntung punya keluarga, teman, bisa makan dan minum tanpa perlu bekerja keras, kau tinggal di Indonesia yang tidak mengalami perang,  Kau masih bisa bersekolah, Kau masih bisa bernapas dan sehat sampai hari ini. Kalau kau membaca ini, ketika sakit,bersyukurlah sakitmu tidak begitu parah. Intinya aku ingin kau tidak berhenti bermimpi, bekerja keras, dan memiliki motivasi internal yang kuat. Bukankah kau menganggap dirimu gadis paling beruntung sedunia? Semangat Hana!!! ^_^

Love,

Hana Bilqisthi yang berusia 18 tahun.

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature