Top Social

Cemburu

|
" Mana yang lebih membuat anda cemburu?
(A) Partner anda melakukan hubungan seksual dengan orang lain
(B) Partner anda memiliki hubungan cinta yang mendalam dengan orang lain"

pertanyaan tersebut diajukan saat kelas hubungan interpersonal saat membahas topik jealousy and infedility.
 kalau dipaksa memilih apa yang kalian pilih?
 kalian pasti bilang ngga mau dua2nya ya?

 hana juga... pas denger pertanyaannya hana juga jadi sedih (ʃ˘̩̩̩_˘̩̩̩ƪ)   

walaupun belum punya suami tapi ngebayangin dia selingkuh kan menyakitkan…

tapi kalau dipaksa milih mungkin hana bakal pilih A .. soalnya berarti suami hana melanggar komitmen pernikahan, dan kepercayaan hana, terus melakukan zina. kerugian yang Hana alami lebih banyak dari pada yang B. Selain itu, kalau suami hana sampai melakukan yang A (amit-amit..  moga2 ngga), hana ngerasa salah pilih orang. I mean bukankah “pria baik2 untuk wanita baik2?” щ(ºДºщ)

Akibat lain dari perselingkuhan tersebut mungkin hana bakal nyalahin diri sendiri karena bertanya-tanya kesalahan apa yang udah hana lakukan sampai suami hana selingkuh. (ʃ˘̩̩̩_˘̩̩̩ƪ)   

Kedua pertanyaan yang ditanyakan di atas ternyata merupakan pertanyaan penelitian yang diberikan oleh David Buss pada tahun 1992.  Pertanyaan tersebut merupakan forced question, jadi partisipan diminta(dipaksa) memilih salah satu diantara dua pilihan tersebut. Hasilnya ternyata jawaban A dipilih oleh 60% partispan pria dalam penelitian tersebut dan hanya 17% partisipan wanita dalam penelitian tersebut. Sementara jawaban B dipilih oleh 83% partisipan wanita dalam penelitian.

Kenapa hasilnya bisa seperti itu? Salah satu alternative  penjelasannya sih pria lebih cemburu kalau pasangannya melakukan hubungan seksual dengan orang lain berarti dia ngga bisa memastikan anak yang dimilikinya itu beneran dari dia atau bukan. Sementara wanita lebih cemburu yang B karena wanitapercaya kalau hubungan cinta yang mendalam terjadi maka implikasinya pria tersebut juga melakukan yang A. Sementara jika pria hanya melakukan yang A, wanita cenderung mengartikan bahwa itu casual sex dan tidak se-mengancam hubungan yang dijalani jika dibanding B.

Contoh dari dosen hana sih, ibu-ibu kadang suka bilang gini "Saya sih ngga masalah pacar suami saya ada dimana-mana yang penting istri dia cuma saya"

Menurut dosen hana, pernyataan tersebut sesuai dengan hasil penelitian David Buss.
Kalau menurut Hana sendiri sih mending Hana suruh Suami Hana Poligami daripada Selingkuh..

anyway, gara2 ikut kuliah tersebut Hana jadi kepikiran nanti mungkin Hana bakal bikin perjanjian sama suami Hana kalau salah satu diantara kami merasa jatuh cinta sama orang lain di saat kami sudh menikah (kemungkinan terburuk), kami saling cerita satu sama lain atau langsung menemui konselor pernikahan. Maksudnya sih diusahain benih cinta tersebut padam sebelum api cinta itu makin membara... tapi semoga aja ngga terjadi...
(˘ʃƪ˘) 
lebih baik lagi kalau yang terjadi tuh kayak gini:

hehehe

O ia, ternyata ketika penelitian tersebut direplikasi, baik pria dan perempuan sama-sama menganggap kedua jenis perselingkuhan tersebut membuat mereka marah. Hasilnya mirip dengan hasil yang ditemukan David Buss tetapi perbedaannya tidak sebesar yang ditemukan David Buss. 

Menurut kalian sendiri gimana?

Daftar Pustaka
Miller, R.S., Perlman, D., Brehm,S.S. (2002). Intimate Relationship. New York: McGraw-Hill Companies
 gambar diunduh dari https://fbcdn-sphotos-f-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn1/12917_428401193880048_1826022472_n.jpg
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature