Top Social

Berani karena pygmalion effect?

|

Latar: kamar mandi perempuan WAMY jam 23.00 WIB

“Kak Han, yakin ditinggal?” Tanya fudla, salah satu junior di SALAM UI,
“Ngga takut ka?” Tanya Kania
“Udah ngga apa-apa. Kalau mau duluan, duluan aja. Kakak bisa kok sendiri.” jawabku.
Setelah mereka pergi hana jadi mikir, kok Hana berani ya sendirian?emang Hana seberani itu?

dan tiba-tiba………………………….
tenang aja ini bukan cerita horror. lagian Hana ngga suka cerita Horror…
hehehe


tiba-tiba Hana jadi inget pengalaman waktu Hana kecil, sebenernya waktu kecil ada masa-masa dimana Hana takut pergi ke Toilet sendiri tapi Umi selalu bilang kalau Hana berani. Bahkan kalau lagi kumpul keluarga besar, umi suka membangga-banggakan Hana kalau Hana tuh berani ke kamar mandi sendiri. Mau nggamau Hana jadi berusaha menampilkan sisi Hana yang berani ke toilet malem-malem sendiri. I mean malu ngga sih kalau keluarga besar tahunya kalau Hana berani tapi kalau ternyata kenyataannya ngga begitu. Alhamdulillah, lama-lama Hana percaya kalau Hana tuh berani ke kamar mandi sendiri. Selain itu, kalau ngaku takut, Umi bakal  bilang “masa lebih takut sama Setan dibanding Allah.” :D hahah iya bener juga

Selain itu, Hana juga percaya kalau setan ada tapi hana ngga bisa liat jadi ngga usah takut. :D

Kalian tahu yang dilakukan umi Hana tuh kalau dalam ilmu psikologi dikenal sebagai Pygmalion effect atau disebut juga self-fullfilling propechy.  Apa itu?

Pygmalion effect atau self-fullfilling propechy adalah harapan dan asumsi  tentang seseorang akan memengaruhi interaksi kita dengan orang tersebut sehingga mengubah perilaku orang tersebut sesuai dengan harapan kita. (Vaughan dan Hogg, 2011). Nama pygmalion effect sendiri didasari oleh cerita dalam mitologi yunani mengenai Pygmalion, seorang pematung yang membuat patung wanita. Pygmalion jatuh cinta terhadap patung yang dibuatnya sehingga hampir tiap hari dia mengajak patung tersebut berbicara. Pygmalion berdoa kepada dewi Aphrodite agar patung wanita tersebut dapat menjadi manusia. Dewi Aphrodite yang tersentuh mendengar doa Pygamlion mengabulkan permintaan Pygmalion. Ketika Pygmalion pulang ke rumah, dia menemukan patung wanita tersebut hidup dan kemudian menikah dengan patung tersebut.

Studi paling terkenal tentang self-fullfilling propechy adalah studi yang dilakukan Rosenthal dan Jacobson (1968, dalam Vaughan dan Hogg, 2011) tentang ekspektasi guru di kelas terhadap muridnya. Rosenthal dan Jacobson melakukan tes terhadap sekelompok murid.  Hasil tes Rosenthal dan Jacobson dipercaya dapat memprediksi anak-anak yang akan 'bloomers' (menunjukkan perkembangan intelektual yang pesat dalam waktu dekat). Para guru diberi nama-nama dua puluh bloomers, (dua puluh nama dipilih secara acak oleh para peneliti) dan tidak ada perbedaan IQ yang signifikan antara bloomers dan non-bloomers. Setelah itu dengan  cepat, para guru menilai non-bloomers sebagai murid yang kurang penasaran, kurang tertarik dan kurang bahagia dibandingkan dengan bloomers. Dengan kata lain, guru mengembangkan harapan stereotip terhadap dua kelompok.  Kemudian Rosenthal dan Jacobson mengukur IQ anak-anak pada akhir tahun pertama, dan pada awal dan akhir tahun kedua. Mereka menemukan bahwa dalam kedua tahun bloomers menunjukkan kenaikan IQ secara signifikan lebih besar daripada non-bloomers.

intinya sih harapan seseorang buat kita bisa terwujud atau justru malah harapan kita sama seseorang   yang jadi kenyataan :D

o ia lupa bilang kalau hari ni hana lagi ikut training orientasi SALAM UI 3 di WAMY.
Btw, ni foto Hana pas di WAMY (tapi fotonya sore-sore pas dateng)... ga penting ya? hahahah





daftar pustaka

Vaughan, G.M., & Hogg, H. A. (2011). Social psychology. (6th ed.). London: Pearson Education.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature