Top Social

Pengalaman Daftar Ulang UI

|



 
Pengalaman Daftar Ulang UI

Halo guys! Maaf dah lama Hana ngga ngeblog. Entah kenapa kemarin-kemarin Hana lagi males banget ngetik. Hana mau share ma kalian pengalaman Hana waktu daftar ulang Universitas Indonesia.

O ia, Hana belum cerita ya kalau Hana ikut PPKB UI. PPKB tuh pmdknya ui dan Alhamdulillah pas pengumuman tanggal 16 januari 2010 kemarin , Hana keterima di Psikologi Universitas Indonesia. 
Dan Alhamdulillah Hana juga dapet keringanan buat biaya masuk ui (Hana ngajuin BOP-B). Buat lebih tahu tentang BOP-B klik aja di sini  
Jadi, awal masuk Hana cuma bayar 9,2 juta dengan uang persemester sebesar 2 juta rupiah. ^^

Daftar ulang UI sendiri dibagi 2 hari yaitu hari Rabu, 16 Juni buat fakultas IPA kayak teknik, kedokteran, FMIPA, kesmas. 
Sementara yang IPS daftar ulangnya hari Kamis 17 Juni.  

O ia, selain Hana , dari SMAN 1 karawang yang keterima di UI tuh Ratih, jurusannya Arsitektur, lewat PPKB juga. Terus ada Syifa , jurusan Fisika (Paralel),  lewat SIMAK. Yang keterima lewat SIMAK lagi tuh Joshua (Hukum Paralel), Fachrul (Vokasi Periklanan), dan Auzan (Vokasi Akutansi.)

Berdasarkan pengalaman Syifa ma Ratih, mereka nyuruh Hana untuk dateng pagi-pagi dan bawa minuman ma makanan. Maka Hana udah bangun dari jam 4 pagi terus jam 5an berangkat dari rumah. 
Hana pinjem mobil ibu icha, yang jadi supir tuh a irwan, tetangga Hana. 
Hana pergi bareng Umi, Icha, dan Memey.
Alhamdulillah Hana selamat sampai UI pukul 7.30 dan kalian tahu di balairung antriannya udah panjaaaang buanget. 
Hana langsung bergegas cari fakultas psiko.

Antrian di psiko dibagi 3 dan Hana baris di barisan ke dua tapi umi ngeliat barisan ke 3 sepi jadi Hana disuruh maju ke depan. 
Pas ngantri, Hana kenalan sama Fatin dari SMAN 1 Purbalingga dan dia juga PPKB. ^^

Udah gitu, umi ninggalin Hana ngantri dan ngambil aqua Hana karena umi takut hana keberatan, Dan mana Hana tahu hana bakal nyesel banget karna ngga maksa mertahanin tu aqua. 
Ngomong2 soal antrian, ternyata hana ngantri di barisan kelas paralel dan internasional. 
Jadinya balik lagi deh ke belakang ke antrian buat kelas reguler. 
Parahnya lagi Hana lupa bawa materai ma pulpen, jadi Hana sms umi minta anterin. 
Sekedar catatan,ketika itu Hana masih di depan balairung ui dan belum masuk, pendaftaran dibuka jam 8 pagi.

Pas  di depan tenda itu, Hana tanda tangan dan dikasih map warna kuning. Dan ternyata masih harus ngantri.  
Awalnya, Hana kira bakal dapet semacam nomor antrian gitu tapi ngga. 
Hana dibawa masuk ke dalam balairung kalau di gambar itu tuh bagian ngisi formulir. Hana duduk di tengah. Dan ternyata itu posisi yang salah. 
Posisi yang paling tepat adalah posisi yang paling deket tulisan keluar. 

Pas ngisi form, Hana ngedenger nama2 orang dipanggil dan bingung yang dipanggil itu berdasarkan apa. Jam udah nunjukin pukul  10 lewat dan Hana masih di dalam balairung. 
Akhirnya Hana dan Fatin memutuskan berdiri di dekat tulisan keluar. 
Ada kakak angkatan yang datang dan nyuruh kita yang berdiri di deket piintu keluar buat duduk, dia bilang semuanya bakal kebagian jatah. 
Tapi yang berdiri pura-pura ngga ngedenger. 
Catatan : yang berdiri tuh bukan cuma Hana ma Fatin doang tapi banyak banget, kita dempet-dempetan gitu. 
Sumpah pegel banget! 
O ia, di balairung Hana juga ketemu ma Fachrul. 
Dia padahal datengnya belakangan tapi bisa dapet antrian di belakang hana. Sumpah daftar ulang UI tuh untung2an! 
Ada yang dateng ke ui jam 8.30 tapi ngantri di depan Hana. =(  
Jadi pengen nangis dengernya. Hiks...

Sekitar pukul 11 hampir ke pukul 12, Hana berhasil keluar dan ternyata masih harus ngantri. Huaaaa... 
Antriannya masih dibagi 2 tahap lagi. 
Mana Hana cuma bawa susu ultra dan tu dan habis dari tadi. 
Cuma antriannya lebih manusiawi, duduk. Ngga berdiri lagi. 

Awalnya Hana mau duduk di bangku baris kedua, untungnya Fatin bujuk Hana untuk di bangku ke 1. 
Di barisan ini ada 4 baris bangku dan setelah hana merhatiin, masuk ke antrian tahap selanjutnya tuh 5 orang, 5 orang. Jadinya yang duduk di bangku baris pertama lebih cepet masuk ke antrian.

Di antrian tahap selanjutnya, tempat duduk Hana kepisah 2 bangku ma Fatin. Fatin ada di posisi yang lebih depan. Pas ngantri di antrian tahap selanjutnya, hana ngerasa dehidrasi. Sumpah haus banget, mana kepala pusing. Trus antriannya ngga jalan hampir satu jam. Kayaknya petugasnya lagi istirahat. Huaaa... mana haus. 
Hana udah stres. 
Sms umi, umi lagi di Margo city. 
Sumpahnya juga saat itu han pengen nangis karena nyesel aquanya malah diambil umi, padahal mending Hana keberatan da. 

Mau pergi dari antrian buat beli minum, Hana udah lemes banget. 
Bisa aja sih nitip antrian ke Fatin tapi Hana ngga mau pergi beli minum sendiri.

Di tengah rasa haus yang menyiksa, Hana inget sama Fachrul dan sms dia minta minum. Tahunya dia lagi di luar beli kebab, Hana nitip minum eh malah ditawarin kebab. Bibir kering banget, masa makan. Untungnya selesai beli kebab, Fachrul dateng ke bangku Hana nganterin minum. Horeeeeeee!!!!!!!!!!!!!!!!! Alhamdulillah.. rasanya seger banget kayak dikasih kehidupan. Hana langsung seger lagi. 
Hana juga nawarin minum ke Fatin. 

Sebenernya Hana pengen nawarin juga ke dua orang di depan Hana, soalnya mereka juga ngeluh kehausan tapi masalahnya itu air minum fachrul.  
Yang jelas hana bersyukur banget dan merasa sangat tertolong. Thanks, Fachrul! You save my life!!! =D

Selama nunggu antrian mau masuk ke pintu masuk, Hana bilang ke diri sendir kalau Hana masih lebih beruntung dibanding yang masih ngantri di dalam balairung ataupun di tenda. 
Hana lebih beruntung karena setidaknya Hana dah keterima di UI sementara banyak yang masih berjuang ikut snmptn buat kayak Hana. 
Kalau Hana masih belum jelas kuliah dimana pasti Hana bakal lebih milih ngantri berjam-jam buat daftar ulang. 
Semangat, Hana! Sabar Hana! Sabar! Berjuang demi UI!

Jam 2 siang, Hana beruntung bisa masuk ke dalem barairung. Cihuy! Alhamdulillah!!! Hana lebih beruntung lagi karena antrian hana tuh berjalan cepet. Proses di dallam balairungnya tuh cuma setengah jam. =D
Alhamdulillah....
Gila hana ngantri hampir tujuh jam!

O ia, ternyata yang nama-namanya dipanggilin tuh yang udah jadi kartu identitas mahasiswanya. Gila demi daftar!
Pas Hana udah beres, Hana nunggu fatin buat keluar bareng. Di luar ternyata ada stand buat daftar asrama, Hana ma fatin ikut daftar. Semoga aja kami berdua sama-sama dapet asrama. =D

Udah daftar ulang, ternyata masih ada pemeriksaan kesehatan, Hana dapet jadwal hari sabtu.
Alhamdulillah bukan jumat. Hana pengen istirahat dulu di rumah. =)

Pas pemeriksaan kesehatan, Hana lebih beruntung lagi karena hana ngga perlu ngantri lama. 
Hana udah dikasih tahu Syifa kalau ada formulir gitu dan ternyata Fachrul dan Joshua lagi ngantri pas Hana masih di jalan ke depok. 
Pas Joshua udah di depan, Hana ikut antrian Joshua. Hehehe... 
Hana tahu itu curang!! Tapi ini juga bisa dikatakan cerdas karena ngantri pake taktik. Thank you joshua and fachrul!!!! =D

I’m really the luckiest girl in the world. Hana dateng jam 8.00 dan selesai jam 11.30. Sebenarnya pemeriksaan kesehatannya sih cepet Cuma agak lama pas di pemeriksaan gigi, antriannya itu lho... panjang bener!!!!

Semoga cerita Hana bisa jadi pelajaran buat kalian yang baca. Semoga bermanfaat!!! =D


note:
Hana baru aja mengikuti pelatihan 7 habits (14 juni 2013) dan Hana menyadari salah satu hal bahwa Hana termasuk orang dalam kategori "below the line".. yaitu justify (melakukan kesalahan dan berkata bahwa penyebabnya adalah orang lain juga melakukan hal yang sama salahnya)
pesan dari tindakan Hana tersebut adalah i'm no different form the others...

Hana baru menyadarinya kenapa Hana ngga memilih tetap bertahan pada prinsip yang baik (tidak menyerobot antrian) dan diharapkan dengan melakukan hal tersebut dapat memengaruhi yang menyerobot antrian...
I mean walaupuan gue pernah jadi korban serobot antrian pas daftar ulang UI, hal tersebut bagaimanapun juga tidaklah boleh membuat gue melakukan hal yang sama..

Hanya karena gue merasa jadi korban/tersakiti, kondisi tersebut tidak dapat menjadi alasan pembenaran atas kesalahan gue ._.
Siapapun yang lagi ( pernah) baca cerita ini...
gue berharap kalian tidak meniru hal buruk yang telah gue lalukan, yaitu nyerobot antrian.

Buat yang pernah diserobot antriannya, Hana minta maaf ya. Semoga kalian memaafkan Hana. 

2 komentar on "Pengalaman Daftar Ulang UI"

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature