Top Social

Pengalaman Menabung di Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, dan Bank BNI Syariah

|
Assalamu’alaikum Guys

Alhamdulillah sudah setahun lebih beberapa bulan, aku menggunakan produk keuangan syariah meski baru sebatas produk tabungan perbankan syariah.

Aku mau berbagi cerita  pengalamanku. Aku memiliki 3 tabungan di 3 bank syariah berbeda, yaitu Bank Muamalat, Bank BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri.  



1.       Tabungan Muamalat iB
Aku tertarik buat rekening di Bank Muamalat karena senior Aku bilang kalau Bank Muamalat adalah Bank Syariah pertama di Indonesia. Selain itu, katanya tabungannya bisa diambil semua hingga saldo Rp 0.  

Pada tanggal 27 Agustus 2013, aku pun berkunjung ke Bank Muamalat di FE UI (Sekarang FEB UI ya?). CSnya bertanya aku mau buka tabungan apa? Nah saat itu dia menawarkan tabungan Muamalat iB  dan tabungan Muamalat Prima iB.

Dan dari penjelasan CS nya, aku tidak menemukan jenis tabungan yang seniorku punya, apa karena dia buatnya udah lama ya?
Harusnya aku googling dulu ya cari tahu sebelum datang. Hehehe.
Kemudian aku pun memilih tabungan Muamalat iB dengan akad mudarabah.
Untuk setoran awal Rp 100.000 dan saat itu biaya administrasinya Rp 7.500 perbulan.

Sebulan kemudian pas ke ATM Bank Muamalat, aku mendapat pengumuman kalau biaya administrasinya naik menjadi 10.000 perbulan.
Jeng Jeng! Biaya administrasinya naik!

Kartu yang aku dapatkan adalah kartu reguler yang bisa digunakan di jaringan ATM Bank Muamalat, ATM Prima, ATM Bersama dan MEPS (Malaysia) serta transaksi pembayaran belanja di jaringan Prima Debit.

Soal ketersediaan ATM juga menjadi alasanku memilih Bank Muamalat. Aku yang saat itu mahasiswa di Fakultas Psikologi UI Depok melihat ATM Bank Muamalat cukup jauh untuk dijangkau, letak ATMnya ada di FEB UI, Depok Town Score dan Bank Muamalat Depok di Jalan Margonda no 290, jadi diharapkan aku benar-benar bisa nabung dan tidak dengan mudah menarik uang di ATM.

Tapi, ternyata di tempat tinggalku di Karawang, ATM Bank Muamalat mudah ditemukan, di pom bensin deket rumah ada, di pusat kota yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit juga ada.

O ia, Di Bank Muamalat terdapat fasilitas e-banking berupa Muamalat Mobile, dan Internet Banking tapi belum aku coba, jadi aku tidak bisa cerita. Hehe


Untuk tahu fasilitas tabungan yang tersedia di Bank Muamalat bisa klik disini

2.       Tabungan BSM
Aku tertarik buat rekening Bank Syariah Mandiri karena banyak temenku yang pakai dan kalau kalian perhatikan, banyak lembaga sosial pakai BSM. Saat itu, Aku berpikir mungkin nanti akan mudah dan murah kalau berniat transfer.

Aku membuat tabungan BSM pada tanggal 25 Februari 2014. Setoran awal minimumnya Rp 80.000, akadnya mudharabah muthlaqah, biaya administrasinya saat itu Rp 6000 perbulan, semenjak Februari 2015 lalu naik menjadi Rp 7000 sebulan.

Berdasarkan penjelasan CSnya, Kartu ATM BSM ini tidak dikenakan biaya jika ingin tarik tunai di ATM Mandiri, tapi transaksi lain seperti cek saldo dan transfer akan dikenakan biaya.

Tabungan BSM ini juga dilengkapi fasilitas e-Banking, yaitu BSM Mobile Banking, BSM Net Banking  dan BSM SMS Banking  tapi sampai saat ini belum aku aktifkan jadi aku belum bisa cerita.

Hal yang unik dari ATM BSM adalah setiap selesai transaksi di ATM BSM, kita ditawari untuk berinfaq Rp 1000.

Penjelasan lebih lengkap mengenai fasilitas Tabungan BSM bisa klik disini.

3.       Tabungan iB Hasanah

Aku buat tabungan iB Hasanah di tanggal yang sama dengan pembuatan tabungan BSM, yaitu 25 Februari 2014. Berbeda dengan kedua rekening lain yang dibuat dengan niat menabung, kalau rekening ini Aku buat dengan niat sebagai rekening transaksi.

Saat membuat tabungan iB Hasanah, CSnya akan bertanya akad apa yang dipilih karena terdapat dua akad,yaitu akad Mudharabah atau Wadiah. Akad Mudharabah itu kita menitipkan uang kita untuk dikelola oleh bank sehingga kita akan mendapatkan bagi hasil. Selain itu akan dikenakan biaya administrasi tiap bulan sebesar Rp 5000.

Aku memilih akad wadiah karena tidak dikenakan biaya administrasi bulanan, hanya dipotong Rp 20.000 di awal, dan resikonya tidak mendapat bagi hasil. Setoran awal minimumnya adalah Rp 100.000. Aku tidak merasa keberatan tidak mendapat bagi hasil, jadi tidak masalah buatku.

O ia, tabungan iB Hasanah ini juga dilengkapi SMS Banking, Phone Banking, dan Internet Banking. Aku mendapat BNI Syariah Card Silver. Hal yang aku sukai kartu ini dapat digunakan sebagai kartu belanja (Debit Card) di merchant berlogo MasterCard di seluruh dunia

Kelebihan lain tabungan iB Hasanah adalah aku dapat bertransaksi di counter teller BNI dan BNI Syariah seluruh Indonesia. Selain itu, aku dapat melakukan transaksi di ATM BNI tanpa dikenakan biaya.

Aku bersyukur akan kemudahan fasilitas antara BNI dan BNI syariah karena teman-temanku yang di UI banyak menggunakan rekening BNI, jadi meski aku pindah ke BNI syariah, kemudahan bertransaki sama mereka yang menggunakan rekening BNI tetap aku dapatkan. Alhamdulillah.

Penjelasan lebih lengkap tentang tabungan BNI Syariah bisa dibaca disini.




Sekian cerita pengalamanku dengan produk keuangan syariah. Alhamdulillah, Aku sendiri sampai saat ini merasa puas dan senang. Malah sepertinya sekarang, Aku cinta keuangan syariah dan  berharap semoga keuangan syariah makin maju dan sukses!






iB Blogger Competition
49 komentar on "Pengalaman Menabung di Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, dan Bank BNI Syariah"
  1. Salam, artikelnya bagus, boleh kami copy paste untuk di situs kami? Tentu disebutkan akreditasinya sesuai lisensi CC yg kamu pakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih pujiannya. :D Sebelum menjawab boleh/tidak, bolehkah saya tahu situs apa? alamat situsnya? dan untuk kepentingan apa? :)

      Hapus
  2. biaya bulanannya tetep ada ya bu, kalo di bank syariah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep ada :) yang ngga ada yang BNI syariah dengan akad wadiah, tapi ada potongan 20ribu di awal buka, selanjutnya tidak ada lagi potongan :)

      Hapus
  3. Artikelnya sangat membantu. Trima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 :) alhamdulillah kalau membantu :)

      Hapus
  4. Dari ketiga bank tsb mana yg paling bagus ya bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut Hana sih tiap bank punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. :) sesuaikan saja dengan kebutuhan :)
      untuk pemeringkatan Bank Syariah mungkin sebaiknya baca majalah SWA atau majalah investor :D
      tapi kalau tanya favorit: favorit Hana saat ini BNI syariah :)

      Hapus
    2. kalo yang buat dapet uangnya perhari , bukan bulanan gitu , bagusnya bank mana yaa ka hana ?

      Hapus
    3. mohon maaf saya tidak tahu mba nara..

      mungkin coba BSM?
      setahu saya untuk setoran selanjutnya (setelah pembukaan rekening), BSM menerima setoran minimal Rp 10.000 :)

      Hapus
  5. Bank muamalat sama bank mandiri syariah bagusan yang mana mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas pertanyaanya, lebih bagus dalam hal apa ya?

      Hapus
  6. Saya sudah bikin bank BNI syariah tapi saya salah milih, seharus nya saya pilih yg 'wadiah' tapi malah mudharabah. Kalo mau pindah ke wadiab bisa gk yak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya bisa pak :) bilang saja ke CSnya tapi kemungkinan prosedurnya seperti buat rekening baru...

      Hapus
  7. kalo saya menggunakan BNI syariah juga sejak awal kuliah .
    enak pake akad wadiah karena uang akan tetap tidak berkurang dan tidak bertambah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya enaknya uang tidak berkurang :D

      Hapus
  8. Seharusnya rekening muamalat dan BSM nya memilih wadiah, karena terkesan mahal di biaya adm. Bni syariah nya bisa dibuka dg rekening mudharabah, disamping ringan biaya adm nya juga lumayan banyak bagi hasil nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. rekening muamalat dan BSM waktu hana buat sih tidak ada tawaran pilihan wadiah, mba isti :)
      sekarang ada kah?

      Hapus
  9. Artikelnya membantu mbak. Lagi mencari referensi bank syariah buat nabung aja. BNI Syariah yg wadiah ya mungkin mbak, karna tidak ada potongan perbulannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mas Taufiq :)
      ya kalau tidak keberatan tidak mendapat bagi hasil,pilih wadiah saja :)

      Hapus
  10. tadinya mau buka bank muamalat, tp setelah liat ada admin perbulannya, jd pikir2 lagi, kebetulan saya punya 2 rekening bank danamon syariah & bri syariah, 2-2'nya free admin perbulannya. sayang juga klo tiap bulannya kita nabung ga dipake transaksi, tp d potong admin sama banknya >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh danamon syariah dan bri syariah bebas biaya admin? terima kasih infonya :)

      Hapus
  11. Balasan
    1. Alhamddulillah .. terima kasih dekha :D

      Hapus
  12. Berarti enak BNI ya?, gk dapet potongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya Mas Anang, jika menabung di BNI syariah dengan akad wadiah tidak ada potongan biaya adm. perbulan :)

      Hapus
  13. informasi blognya bagus mba refernasi buat saya yang baru mau menabung di bank syariah ... syukron mba hana

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mba sarah :D senang bisa membantu :D

      Hapus
  14. Kira² di BNI Syariah bisa ga yah kak narik sampai saldo nya Rp 0,- ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya tidak tahu dan belum pernah mencoba :)
      Mungkin bisa tanya call center BNI 500046 atau 021-500046

      Hapus
  15. Mbak Hana, terima kasih artikelnya. Jadi mantep pilih salah satu diantara mandiri syariah dan bni syariah, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama Mba :) senang bisa membantu :)

      Hapus
  16. Ha ha . Kita punya alasan yg sama. Saya dulu juga pakai Muamalat untuk menabung tapi kok jadi makin mahal adminnya. Saya putuskan menutup tabungan dan hijrah ke BNI Syariah :D Main-main ya mba ke blog saya. He he.

    BalasHapus
  17. makasih mba infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  18. Asalamualaikum,q mau tnya mbak? Q niat mau mnabung untuk umroh , lebih baik d bank syariah apa yg tdak ada ptongan perbulan , / saya lbih baik mnabung saja di mandiri syariah wadiah ,, ktka uang trkumpul baru mndaftar sndri untuk umroh nya, trima kasih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam :) kalau tabungan umrah hampir setiap bank syariah punya program tsb
      bisa baca di
      BNI syariah : http://www.bnisyariah.co.id/produk/bni-syariah-tabungan-haji-2 dan http://www.bnisyariah.co.id/produk/bni-syariah-tabungan-rencana
      BRI Syariah : http://www.brisyariah.co.id/?q=pembiayaan-umrah-brisyariah-ib
      Bank muamalat: http://www.bankmuamalat.co.id/tabungan-consumer/tabungan-muamalat-ib-haji-dan-umrah
      BSM: http://www.syariahmandiri.co.id/category/consumer-banking/haji-umroh/tabungan-mabrur-bsm/

      Selamat nabung ya mas yudha :) semoga keinginannya berangkat umroh terlaksana :)

      Hapus
  19. Mbak mau tanya, biaya transfer sama cek saldo kalau lewat atm bni konv berapa ya? Soalnya di web bni syariah cuma ada via atm link, bersama, dan prima.

    Terimakasih sebelumnya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud mba yulia, biaya cek saldo dan transfer bni syariah di atm bni 46 (konven)? gratis mba :D tidak dikenakan biaya :)

      Hapus
  20. Alhamdulillah ternyata sama pengguna bni syariah juga 😊 bni tabunganku dan ib hasananah wadiah tidak ada potongan tiap bulan jadi nabung semangat 😄

    BalasHapus
  21. berarti bagus ya mba pake BNI syariah yg waidah tidak kena potongan..

    BalasHapus
  22. kalau deposito syariah,yang bagi hasilnya paling menguntungkan bank apa mbak?

    BalasHapus
  23. Hallo aku silvia mahasiswi UI 2014, aku mau tanya tanya dong soal rekening bank syariah untuk tugas kuliah. Mohon add line aku ya: silvianrd. makasih ��

    BalasHapus
  24. Wah masyAllah mba hanaaa artikelnya membantu dan mencerahkan banget. Makasih yak

    BalasHapus
  25. terimakasih Mbak artikeL nya sangat membantu sekaLi dan sekarang sudah mantab jadi mau piLih Bank Syariah yang mana...hehehe

    BalasHapus
  26. Salam. Mau tanya, kalau tarik tunai di ATM Bersama terkena biaya atau tidak? Kalau terkena, berapa biayanya?

    BalasHapus
  27. Assalamu'alaikum..
    izin share ya :)

    BalasHapus
  28. Agus wijayanto1/08/2017 10:47 AM

    Iya benar sekali menabung di BNI syariah utk akad wadiah memang tdk ada biaya admin perbulan dan tdk diberikan bagi hasil. Dapat bertransaksi di atm BNI tanpa biaya dan kemudahan akses melalui e chanel mobile banking, internet banking dan sms banking. Yuk segera buka rek BNI syariah.... Semoga semakin berkah dan hasanah

    BalasHapus
  29. Makasih mbak artikelnya.. Saya bisa dapAt refrensi buat buat rekening syariah besok

    BalasHapus
  30. trimakasih mba sangat membantu,kebetulan mau buka rek baru di bank syariah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature