Top Social

Calm, Hana. You will not be stupid forever

|


Alhamdulillah hari ini presentasi analisis jurnal mata kuliah Diri dalam kehidupan Sosial (dirsos ) berjalan lancar. (ノ゚)Jurnal yang dianalisis itu

McDaniel, B. L. & Grice, J.W.(2007). ‘Predicting psychological well-being from self-discrepancies: Acomparison of idiographic and nomothetic measures’,Self and Identity,7:3,243 — 261. Doi 10.1080/15298860701438364
Seminggu kemarin jurnal ini sukses membuat senyum menghilang dari wajah gue karena gue berasa bego pas baca jurnal tersebut. Gue ngga ngerti-ngerti padahal udah sampe jungkir balik baca tu jurnal. Gue sangat khawatir paper yang gue buat bakalan dapet nilai jelek dan gue terlihat bodoh. I don’t want to look stupid. Mengingat kelompok gue adalah kelompok pertama yang tampil, gue pengen bisa nampilin presentasi dengan baik. Tapi gimana caranya gue bisa analisis dan presentasi dengan baik kalau ternyata paham isi jurnal itu aja gue ngga ngerti. (;° °)
Gue punya irrasional belief kalau gue ngga pinter, ngga bakal ada yang mau jadi temen gue. Selain itu gue takut ngecewain dosen dan temen-temen gue kalau paper yang gue buat jelek. Intinya gue stress.

Gue pun curhat ke Joe dan sempet terhibur karena Joe bilang kalau jurnal tersebut adalah jurnal untuk S2. Self-esteem gue mulai membaik. Gue tiba-tiba ingat gue pernah curhat sama joe tentang masalah ketakutan gue sama senior dan dia bilang mungkin kognitif (pikiran) gue yang harus dibenerin. Gue berpikir mungkin gue harus melakukan hal yang sama juga untuk masalah ini dan gue berusaha mencari-cari kata-kata bijak yang menghibur gue.

Alhamdulillah gue teringat kata-kata bijak waktu gue main ke SMAK 7 penabur. Gue inget gue ngeliat gambar seorang anak cowok mengangkat tangan dan anak-anak di sekitarnya meihat ke  arah dia. Di bawah gambar tersebut tertulis “He may look stupid for five minutes, but he will not be stupid forever”. 




Sumpah kalimat tersebut nohok banget karena terkadang alasan gue takut buat nanya kalau di kelas adalah takut terlihat bodoh. Kalimat tersebut juga menyindir kesombongan gue. Gue inget gue pernah nganggep salah seorang temen gue bodoh karena dia selalu nanya hal yang simple dan hal-hal yang sebenarnya dosennya udah ngejelasin dan buat gue sih jelas-jelas aja. Tapi dia malah nanya. Dalam hati gue bertanya-tanya “ni orang merhatiin ga sih?”. 


Tapi kalian tahu ngga? Nilai ujian dia tuh lebih bagus dari nilai ujian gue. Dia dapet 90 sementara gue Cuma 70.  Insight yang gue dapet sih lebih baik berani nanya dan terlihat bodoh selama 5 menit dibanding  diem aja karena takut terlihat bodoh tapi malah jadi bodoh beneran. Kalimat “He may looks stupid for five minutes, but he will not be stupid forever” berlaku juga buat kondisi gue saat ini. Mungkin gue sebaiknya berusaha sebisa mungkin menganalisis jurnal tersebut dan melupakan ketakutan gue terlihat bodoh. Jika nanti ternyata analisis jurnal gue salah ataupun presentasi gue jelek, it’s fine. Gue paling terlihat bodoh selama pertemuan tersebut tapi bukan berarti gue bakal terus-terusan jadi orang bodoh. Gue masih berkesempatan memperbaiki kesalahan gue sehingga tugas-tugas selanjutnya gue bisa mengerjakan dengan lebih baik. :D Amin :D

Semangat hana (◦`')9

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature