Top Social

Alasan Kenapa Gue Jarang Pulang Ke Karawang

|
Sebenernya postingan kali ini pernah gue posting di note FB gue pada tanggal 24 April 2011 cuma ternyata belum sempet gue posting di blog..
Hehe


Sepupu-sepupu gue yang seusia sama gue, Icha (di IPB), Raissa (di UNJ) , dan keponakan gue, QQ  (di UIN) selalu pulang tiap minggunya dan mereka selalu bertanya-tanya kenapa gue ngga pulang setiap minggu seperti mereka. Bukan hanya sepupu2 gue, tapi temen2 gue yang tahu kalau gue tuh dari Karawang dan waktu semester 1 kemarin cuma balik dua kali, yaitu pas lebaran dan pas tahun baru islam. Sebenarnya tiga kali, ketiga kalinya tuh pas Presiden Obama mau kuliah umum di UI. Gue yang baru saja tiba di karawang, ditelpon temen gue, Findez kalau gue termasuk salah satu yang dapet tiket masuk buat kuliah umum. Alhasil, gue balik ke depok saat itu juga.
Kaget? Well, kalian bukan satu-satunya. Bahkan salah satu temen gue pas dia tahu gue cuma balik dua kali pas semester kemarin, bilang kalau gue anak durhaka, rumah cukup deket tapi ngga balik tiap minggu. Sepupu gue icha bilang “betah banget di depok”. Well, bukannya gue ngga mau pulang tapi kondisi yang memaksa gue untuk tidak pulang tiap minggu.

Alasan pertama kenapa gue jarang balik ke karawang adalah waktu masa-masa jadi maba, masa PSAF (Pengenalan Sistem Akademik tingkat Fakultas) selalu aja ada kegiatan tiap hari sabtu. PSAFnya sendiri udah ngebuat gue stres dan capek. Waktu gue buat balik ke karawang hari minggu doang. Senin udah masuk lagi kuliah. Kayaknya buang2 waktu dan uang aja kalau gue balik hari minggu doang. Selain itu, guenya juga yang jadi makin capek.

Selesai PSAF, gue ikut Best Wanna be, pelatihan Bem UI, yang diadakan tiap hari sabtu juga. Dan BWB tuh baru beres pas mau UAS. Jadi selama semster satu, hari sabtu di agenda gue udah dipake buat kegiatan.
Q: Kenapa ngga bolos ja?
A: Well, ngga kepikiran.  Baru kepikiran pas loe nanya. Tapi.. BWBnya kan udahan.               
Q: Berati loe selalu dateng BWB dung?
A: Ngga kok. Gue pernah ngga ikut bwb tapi tu karena sakit dan pertemuan himaka.
Alasan kedua kenapa gue ngga balik ke karawang adalah sperti yang pernah gue ceritakan di tulisan Klo ciri anak ui insomnia, lalu gue???”, gue menggunakan hari minggu buat belajar seharian. Mengingat ketidakmampuan gue buat begadang. Jadi jadwal gue ngga ada balik ke karawang. Lagian kalau gue balik ke karawang, kayakna gue malah main bukannya belajar. Godaan buat mainnya terasa lebih besar pas di karawang.

Kalau pun gue balik hari minggu, dengan ongkos angkot dari asrama ke terminal rambutan 4,5rb, bus 9,5ribu, trus angkot dari by pass ke rumah 2rb. Ditotal jadi 16rb. Klo gue ke karawang cuma sehari ja 9kurang dari sehari malah) berati gue bakal habis 32ribu. 32ribu cuma buat beberapa jam di karawang yang bakal gue pake buat main2. Sementara di depok, gue bisa pake waktu tsb buat belajar. Bayangkan kalau gue balik ke karawang tiap minggu Cuma pas hari minggu. Dalam sebulan gue menghabiskan 128rb cuma buat ongkos.

Q: Loe emang  ngga kangen ma keluarga loe na?
A: Kangenlah. Gue inget banget waktu malem gue lupa tanggal berapa, yang jelas pas perhitungan ketua forkat, keluarga gue dateng ke asrama. Gue nangis setelah mereka pergi.  Gue pengen ikut balik ke karawang. Tapi ngga mungkin karena hari seninnya klo gue ngga salah inget, gue kuis Psikologi Umum I. Bahkan waktu liburan semester 1 mau berakhir, gue masih belum rela ninggalin rumah.

Alasan lain kenapa gue ngga sering balik adalah gue ngga mau membuat orang tua gue khawatir. . Gue inget pesen pertama nyokap gue ke gue pas ninggalin gue untuk tinggal di asrama Ui adalah “Je, yang betah ya. Jangan pulang tiap minggu nanti umi khawatir karena nyangka jeje ngga betah di asrama.” Bagi gue balik tiap minggu berati gue ngga betah di asrama UI. Gue ngerasa nyaman kok di asrama UI, jadi gue ngga mau orang tua gue bertanya-tanya kenapa anaknya ini pulang tiap minggu

Gue inget tanggal  9 april kemarin pas gue balik ke karawang, sepupu2 gue, uwa2, bibi, dan paman gue pada kaget gue balik ke karawang. Pertanyaan mereka semua sama: “Libur na? Berapa lama?”, “Libur habis UTS?” . Gue jawab gue lagi pengen balik aja, berhubung tugas lagi ngga banyak.
Setelah mereka bertanya begitu, Gue jadi mikir saking jarangnya gue pulang, sampai seaneh itukah gue balik dalam rangka mau balik karena kangen keluarga gue sendiri?

Bahkan nyokap gue bilang susah banget ketemu gue padahal gue masih mahasiswa yang tinggal di kosan. Gimana kalau gueudah kerja dan tinggal di apartemen . Kalau dari omongan nykap gue, gue menangkap pesan yang tersirat kalau gue tuh workholic yang sampai ngga peduli sama keluarganya sendiri. Miris banget. Padahal gue belajar full pas hari minggu kan karena gue pengen ngebahagiain nyokap gue dengan dapet IP bagus.

Tapi setelah dipikir2, gue jadi kepikiran. Yang gue takutkan adalah gue nanti jadi ibu yang lebih betah di kantor dan mengabaikan anak2 gue. Padahal gue pengen jadi ibu yang perhatian.
Menurut kalian gimana? 
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature