Top Social

Empek-empek dan Kesabaran

|
Image courtesy of  laurentvalentinjospi0 at pixabay.com


Tetangga kosanku mengkritik caraku menggoreng empek-empek. Aku menggoreng empek-empek dengan menyalakan api kompor hingga besar dengan harapan cepat matang. Menurutnya, jika menggunakan caraku, empek-empeknya akan cepat matang dan hangus di luar tapi tidak merata hingga ke dalam. Dia menyarankanku untuk menggunakan api sekecil mungkin, menunggu hingga minyaknya panas, memasukkan empek-empeknya dan menunggu hingga 3 menit baru membalikan empek-empeknya. Cara masak tersebut jauh lebih lama dibandingkan menggunakan api yang besar.

Aku hendak protes karena jujur aku lebih suka empek-empeknya garing hingga nyaris gosong/tutung. Tapi tetangga kosanku benar, selama ini empek-empek yang kumasak hanya garing di luar, tidak sampai ke dalam. Jadi, aku mencoba menuruti sarannya.

Jika mengikuti sarannya, warna empek-empek yang kumasak berwarna kuning atau cokelat muda, tidak lagi cokelat tua.  Aku sempat ragu apakah benar hasilnya akan garing hingga ke dalam. Setelah kucoba, ternyata benar! Empek-empeknya garing hingga ke dalam. Aku tidak menyangka.

Sambil makan empek-empek, aku berpikir. Mungkinkah itu juga yang Allah lakukan pada hambaNya?  Pernah tidak merasa kau terjebak begitu lama dengan masalah yang membuatmu mendidih? Membuatmu bertanya-tanya mengapa masalah ini bertahan begitu lama? Bagaimana jika sebenarnya Allah hanya ingin membuatmu menjadi pribadi yang matang luar dan dalam? Allah ingin pelajaran dari ujian yang Dia berikan meresap hingga ke dalam hatimu.


Mungkin jika masalahnya cepat berlalu, kita hanya memahaminya di kepala, belum meresap di jiwa. Mungkin jika kita bersabar menghadapi semua ini, bersabar sebentar lagi, masalah yang kita hadapi mampu mengubah kita menjadi pribadi yang matang luar dalam.
Mungkin...
14 komentar on "Empek-empek dan Kesabaran"
  1. Analogi yg oke! hehe, salam kenal. mampir2 juga yahh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah makasih pujiannya mba prita :D sip hana mampir :D eh blog mba prita ada 3 ya? hana mampir ke yang mana nih? ke http://pritahw.blogspot.co.id/ gpp?

      Hapus
  2. Hana ini bagus banget maknanya, aku juga ngalamin
    Aku juga harus bersabar, terus bersabar dan bersabar sedikit lebih lama ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah kalau desty suka :D makasih pujiannya :D semangat ya :D

      Hapus
  3. Bhahaaa sama han, aku juga suka yang garing, biar pas dicocol kinca maknyuuuus

    BalasHapus
  4. Semua hal kalo dipikirkan pasti ada hikmahnya yaa, baguuus!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya nis! :D makasih ya udah mampir :D seneng loe suka :D

      Hapus
  5. bener-bener gak nyangka detail analoginya bisa lewat makanan empek2 ya mbak Hana. Subahanaallah ! Slm kenal dari Kudus ya mbak.
    Plz folbek akun saya twitter & IG(@cputriarty)

    BalasHapus
  6. kesabaran itu emang luar biasa banget yaaa. analoginya bisa masuk ke setiap aspek kehidupan, sampe ke yang sepele-sepele sekalipun hehee..

    makasih sharingnya hanaa :)

    BalasHapus
  7. suka banget sama postingan yg ini, bagus :D tetap semangat yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah makasih retno (ノ*>∀<)ノ♡ alhamdulillah seneng loe suka :) amin.. semangat juga! :D

      Hapus
  8. Inspiratif banget mbak. Iya, Allah tentu ingin kita matang luar dan dalam. Menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature