Top Social

Manfaatkan Waktu dengan Baik (2)

|
Kemudian pas evaluasi paruh tahun SALAM UI, Hana ternyata dapet penghargaan jadi staf terbaik PSDM SALAM UI i5 dan hadiahnya itu buku “Bagaimana Muslimah Memanfaatkan Waktu”.
Awalnya Hana ngerasa males baca tu buku karena di psiko kan hana udah belajar time manangement, paling isinya ngga jauh beda

“Sumpah sombong banget si Hana” ( !`´))˚з°)  *nampar  diri sendiri*

Pas libur ramadhan, bukunya baru Hana baca dan Hana pun mendapati bahwa Hana termasuk orang yang belum memanfaatkan waktu Hana dengan baik. Σ(Д|||)
Membaca buku tersebut membuat Hana sadar. Hana mulai mengurangi aktivitas facebookan dan twitteran atau nonton film pas liburan dan memperbanyak baca Quran. *tapi sayangnya, lagi-lagi, sadarnya cuma sesaat*

Dan kemarin tanggal 2 November 2012, Hana baru ikut ujian bahasa korea dasar susulan, Hana ngga bisa ikut karena bentrok mas UTS mata kuliah Diri dalam kehidupan Sosial. Hasil tesnya langsung dibagiin dan Hana dapet nilai 86. Alhamdulillah :D Selain itu, Hana diamanahi ma dosennya setumpuk kertas yang isinya hasil kuis temen-temen Hana buat dibagiin ke mereka sebagai bahan belajar. Kata dosennya sih soal UTS bakal mirip kuisnya. Hana pun mengumumkan ke temen-temen Hana di grup facebook psikologi angkatan 2010 bahwa mereka bisa sms Hana buat janjian ambil kertasnya.

Salah seorangg temen Hana pun sms “Han, sms gue nilai gue dong.”
“eh boleh diliat?” balasku
“iya, gpp”
“nilai loe 98,5”
“Makasih Hana”
“Wow.. hebat banget bisa 98” pikir Hana  “wajarlah temen gue yang satu ini  emang pinter. “
Sampai semenit kemudian gue baru menyadari satu hal. Temen gue yang sms gue ini ngga masuk kuliah minggu lalu, saudara-saudara! Dan ujian dia nilainya lebih baik dibanding gue yang masuk kelas. ( ° °|||)  

 Gue ngga yakin gue bisa dapet nilai segitu kalau gue ngga masuk soalnya pas di kelas aja gue merasa ngga ngerti.  Gue yang tadinya seneng dapet nilai 86 tiba-tiba merasa makin bego
 (╥╥)

Tapi ketika gue merasa sedih,  gue berpikir mungkin kalau hari  ini nilai gue bagus, gue jadi males belajar bahasa korea buat UTS minggu depan. “Udahlah na, pasti ada hikmahnya.” hibur gue ke diri sendiri.

Sore harinya Hana ikut TOS (training Orientasi Salam) 3 Salam UI dan materinya adalah “Produktif?”
inti materi tos 3 adalah
“sudahkah kita mengoptimalkan diri kita?”
Produktif itu ketika
berpikir --> ide
berbuat --> kerja
berjuang --> menang
berkembang --> abadi

Pas dapet materi tersebut hana menyadari bahwa Hana selama ini bukan termasuk orang yang produktif dan belum memanfaatkan waktu dengan baik.
Padahalkan Hana udah sering denger hadist  
“Dari Ibnu Abbas, dia berkata: Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dua kenikmatan, kebanyakan manusia tertipu pada keduanya: kesehatan dan waktu luang”. (HR. Bukhari, no: 5933) “

tetep aja ya Hananya bandel… T.T Udah tahu tapi ngga berbuat

Semester lima ini Hana jalani dengan tanpa perencaan, Hana ngga menggunakan agenda Hana lagi…  Hana juga berusahannya semampu hana  (ngga maksain diri). begitu ngerasa ngantuk, hana langsung tidur).

 insight lain yang hana dapet:
Wahai orang-orang yang beriman! Mengapa kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? (Itu) sangatlah dibenci di sisi Allah jika kamu tidak mengatakan apa yang tidak kamu kerjakan. (Q.S. As-Shaff:2-3)

pas dibacain ayat itu di TOS 3, gue jadi inget kalau gue sering banget nasehatin orang tapi belum bisa melakukan yang gue nasehatin. T.T huuhuhu
ade gue, Huang sampai benci banget ma kelakuan gue yang satu ini.
Gue juga jadi inget kalau di PSDM SALAM, gue sering ngasih ide tapi ngga mau jadi pelaksana ide tersebut. T.T

balik lagi ke soal memanfaatkan waktu, hana jadi sadar bahwa selama ini Hana belum memanfaatkan waktu Hana dengan baik. Hana tiba-tiba sadar betapa Allah begitu baik masih mau mengingatkan Hana padahal Hana sering banget ngeyel… T.T

Dan apakah (Allah) yang menciptakan sama dengan yang tidak menciptakan (sesuatu)?  Mengapa kamu tidak mengambil pelajaran? Dan Jika kamu mampu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Q.S. An-Nahl:  17-18)

#jleb (˘̩̩̩-˘̩̩̩ƪ) 

huaaa... Allah baik banget sama Hana... masih mau ngingetin... 


anyway, pas lagi nulis ini hana nemu salah satu tulisan hana pas semester 2 (copy gaya Billy)

If You Read This, You Must Remember:
You Have ALLAH, No Matter How Big Your Problem.
Be Optimis! Never Give Up! You are amazing, Hana! :D
You Have Happy Family
Do Not Forget To Call Or Text Umi, Huang, Memey And Abi
Mahasiswa Psikologi UI Semester 2
  • PERHATIKAN kalau Dosen ngejelasin!!!!
  • Jangan Remehkan FAAL! (3 sks)
  • Inget Hana itu Neurotik. JANGAN NUNDA-NUNDA belajar dan lari dari masalah!
  • Baca Metpensat I (4 sks lho!) bikin rangkuman! Mind map! \^^/
  • MPK Agama. Rajin baca buku!!!
  • Inkemas (3 SKS). Jawab pertanyaan dan buat ringkasan!
  • Baca Etika! Buat catatan yang rapi, karena bukunya penuh tulisan
  • FILMAN à Matkul fav, ayo buat catatan :D
  • IPK à Referensinya sudah dirangkum di slide, jadi buat catatan dari slide
  • Serius belajar Wayang, walaupun cuma 1 SKS!!
  • Staf  PSDM SALAM UI 14! Kontribusi :)
  • Ketua Best Wanna Be 2010
  1. Forum diskusi
  2. Telepon dan sms temen2
  3. Proker : Futsal, Basket, Nonton bareng, Buka puasa bareng
  • Hapalin Juz 30! Ayo sehari satu ayat hana! :)
  • Belajar bahasa jepang? Latihan hiragana dan katakana! Tiap jumat ya :)
  • Adakah kepanitian yang kamu jalani?
    Semangat ya Hana! Allah ngga bakal ngasih beban melebihi kapasitas hambaNya! :D
  • Baca Koran/nonton berita!
  • You’ve got friend too
  • bersenang-senang lah Hana! Rileks!
    Mau tidak mau kamu harus jadi orang yang well-organized. Jangan habiskan waktumu untuk tidak melakukan apapun. Be productive!
         
Kalau diinget lagi, waktu semester 2 kemarin ngga semuanya tercapai sih. tapi tulisan tersebut membantu kalau lagi down. Mungkin Hana bakal mulai dari membuat perencanaan dan tulisan seperti di atas. Semoga Hana bisa menjadi orang yang memanfaatkan waktu dengan baik


hana juga nemu ini

kesimpulan : Hana belum emanfaatkan waktu dengan baik dan sekarang berusaha memanfaatkan waktu dengan baik.

Wish me Luck Guys!

"Bukan kematian yang aku takuti,tapi menyia-nyiakan waktu yang aku takuti. karena kematian cuma memutuskan aku dengan dunia,tapi sia-siakan waktu memutuskanku dengan Allah & Syurga"
(Imam As Syafi'i).


gambar diunduh dari http://24.media.tumblr.com/tumblr_mcvtexypY11rr1f4xo1_500.jpg
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature