Top Social

Menikah muda, Menikah, atau Melajang?

|


“Han…  yakin mau masuk psikologi? kalau loe masuk psikologi, loe bakal telat nikah deh.”
“Kenapa? Apa hubungannya masuk psikologi sama telat nikah?”
“Soalnya loe nanti bisa baca orang dan nemu yang jelek dikit aja loe ngga mau. Loe bakal nyari yang sempurna tapi loe ngga bakal nemu karena ngga ada manusia yang sempurna. Jadinya telat nikah deh.”

Percakapan tersebut adalah percakapan gue dengan temen sekelas gue waktu SMA, Wisnu. Saat itu, gue ngga dengerin omongannya, gue menganggap dia cuma nakut-nakutin gue mengingat sifatnya yang emang jail dan suka bercanda :p

Setahun setelah gue masuk psikologi UI, gue ketemu temen gue, Bagus, dulunya Ipa2. Dia sekarang farmasi ITB.
Setelah setahun ngga bertemu, komentar dia malah sama kayak Wisnu. 
“Han, gue perhatiin sih anak-anak psikologi tuh pada telat nikah. Mereka bisa baca orang sih jadinya nyarinya yang sempurna. Banyak temen gue yang kayak gitu.”
“hm.. mungkin aja sih” gue tersenyum kecut mendengarnya. “Tapi senior gue banyak kok yang nikah muda. Psikologi UI angkatan 2007 malah pada pengen nikah muda dan gue inget waktu gue masuk bahkan ada yang udah hamil.” bantah gue.

Sebenernya dulu salah satu cita-cita gue adalah nikah muda. Nyokap gue nikah di tahun terakhirnya kuliah.  Gue rasa gue pengen gitu juga. Tapi pas masuk kuliah, I’ve changed my mind. Gue ngga mau nikah pas kuliah. Secepet-cepetnya gue nikah kayaknya pas lulus kuliah deh. Soalnya kuliah dan ngurus diri sendiri aja cukup berat buat gue, apalagi kalau ditambah ngurus suami plus anak.

Mengingat salah satu cita-cita gue adalah jadi marriage counselor, gue sering ke perpus buat pinjem dan baca buku tentang pernikahan gitu. Gue baca2 di psychologytoday(dot)com juga. Gue belajar bahwa cinta tu bukan landasan yang cukup buat pernikahan. Pernikahan yang hanya berlandaskan cinta paling lama bertahan tujuh tahun, bahkan bisa kurang dari enam bulan.  Selain cinta, ada faktor2 lain yang harus dipertimbangkan dan jika faktor2 tersebut tidak dipertimbangkan maka resiko perceraiannya semakin tinggi. 

Faktor-faktor yang memengaruhi kesiapan menikah:
  1. usia dan kedewasaaan
pasangan yang menikah saat remaja memiliki tingkat ketidakstabilan pernikahan lebih tinggi. Hal itu disebabkan remaja memiliki ketidakmatangan emosi dan tidak mampu mengatasi masalah pada masa awal pernikahan. Pasangan yang menikah muda memiliki sedikit rasa keyakinan, hadirnya rasa cemburu, sedikit saling memahami, gaya komunikasi yang cenderung mendominasi atau saling menghindar.

Kalau gue sendiri sih ngeliatnya lebih ke faktor kedewasaan. Menurut gue usia tidak menentukan kedewasaan hidup seseorang, tapi pengalaman hidup yang dilaluinya. Soalnya Ada yang nikah muda dan fine2 aja. Tapi emang sebagian besar remaja emang labil sih.
Masalah lain kalau pasangan tidak dewasa adalah kadang mereka belum mengetahui jati diri mereka, apa yang sebenarnya mereka inginkan dalam hidup. Orang yang belum kenal dirinya sendiri biasanya sulit mengenali penyebab emosi yang dia rasakan sehingga problem focused coping (penyelesaian masalah) sulit dilakukan. I mean kalau loe ngga tahu  apa penyebab masalahnya, gimana bisa nyelesainnya?

  1. waktu pernikahan
Jangan menikah ketika salah satu pasangan baru tertimpa musibah seperti kehilangan orang tua ataupun kehilangan pekerjaan.  Pasangan akan merasa mereka memulai pernikahan apda waktu yang salah sehingga akan memiliiki jarak bukan karena tidak saling mencintai, tidak ingin menikah, dan namun karena merasa belum siap untuk menikah.

  1. motif untuk menikah
Sebagian besar orang menikah untuk alasan positif seperti cinta, keamanan, dll. tapi ada juga yang menikah karena alasan negatif seperti lari dari orang tua, untuk bergantung pada orang lain, penerimaan dan agar merasa berharga atau menarik. 
Gue sih nangkepnya soal motif ini nyambung sama perkataan Rasulullah bahwa perbuatan itu tergantung niatnya. Menikah termasuk salah satunya. Kalau niatnya ngga baik, kemungkinan besar pernikahannya bakal ngga baik juga.
  1. kesiapan untuk memiliki hubungan seksual yang eksklusif
  2. emansipasi emosional dari orang tua
individu yang masih bergantung pada orang tua untuk pemenuhan kebutuhan emosionalnya adalah individu yang belum siap menikah. I mean tidak ada seorang pun yang mau menjadi saingan mertua.

  1. pendidikan dan kesiapan kerja
Semakin rendah tingkat pendidikan dan pekerjaan seseorang, mereka akan cenderung untuk cepat menikah

sebagai tambahan, budaya Indonesia menekankan persetujuan di antara dua keluarga sebelum menikah.

Gue ngerti sih kenapa soalnya loe ngga menikah hanya dengan pasangan loe, tapi juga keluarga pasangan loe. Di Indonesia, ada bakal banyak hal yang dilakukan bersama keluarga kayak persiapan pernikahan, perayaan hari raya, kelahiran, 

Selain itu, gue juga nemu alasan kenapa  seseorang menunda menikah. Mereka bisanya memiliki constraining belief yang terlalu tinggi dalam memilih pasangan dan dampaknya mereka semakin lama dalam menentukan waktu menikah. Ada tujuh dimensi constraining belief:
  1. One and only (percaya bahwa calon pasangan merupakan belahan jiwanya)
  2. love is enough (cinta adalah syarat yang cukup untuk menikah)
  3. cohabitation (percaya bahwa melakukan cohabitation/kumpul kebo dapat meningkatkan kesukesan pernikahan padahan tidak begitu)
  4. complete assurance. ada dua hal yaitu perfect self dan perfect relationship. perfect self menunjukan individu baru mau menikah jika ia merasa dirinya sempurna. perfect relationship menunjukan bagaimana individu ingin kualitas hubnya sesuai yang diinginkan.
  5. idealization (seseorang baru mau menikah jika criteria pasangannya terpenuhi)
  6. opposite complement (seseorang meyakini bahwa ia akan menikah dengan pasangan yang memiliki karakter bertolakbelakang dengannya maka ia dapat melengkapi satu sama lain
  7. ease dan effort (tanpa harus berusaha, seseorang pasti dapat mendapat pasangan)

well, gue pernah kepikiran untuk menikah di usia deket2 30. Bukan karena gue punya kemampuan untuk baca orang  seperti yang diduga temen gue. O ia, gue pengen ngelurusin satu hal: anak psikologi NGGA BISA BACA PIKIRAN. Ngga ada mata kuliah yang ngajarin cara baca pikiran. kKlau pun bisa, mungkin gue bakal menggunakan hal tersebut buat baca pikiran dosen mengenai  soal2 apa aja yang bakal keluar pas ujian dan gue pun bisa dapet nilai bagus… ω´ц*) hahaha *evil smirk*.

Alasan gue pengen nikah deket2 usia 30 karena gue pengen ngebuat diri gue sempurna. Kayaknya gue punya constraining belief, complete assurance. Gue berharap dengan membuat diri gue sempurna gue bisa dapet pasangan yang sempurna. Sempurna disini bukan berarti gue tanpa cela.. Sempurna disini lebih ke gue ingin membuat diri gue jadi calon istri dan ibu yang baik menurut standar gue. Gue pengen bisa masak, melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya, dan gue pengen ngebenerin bacaan dan hafalan quran gue. Ketika gue udah berhasil, gue baru mau nikah. Gue takut pernikahaan gue bakal gagal karena ngga bisa jadi istri yang baik. Walaupun begitu, sebenernya gue lebih khawatir nantinya ngga bisa jadi ibu yang baik sih. Gue takut ngga bisa ngurus dan ngedidik anak dengan baik. Salah satu usaha gue adalah banyak baca buku tentang ngedidik anak tapi gue ngga tahu apa nanti gue bisa praktekinnya apa ngga. Saking takutnya ngga bisa jadi ibu yang baik, gue sempet kepikiran untuk ngga menikah. tapi sayangnya Islam ngelarang untuk ngga menikah. Menikah kan salah satu sunnah Rasul. Huft..alhamdulillah :D  Islam lagi2 
menyelamatkankan Hana :D

anyway, waktu gue bilang ke keluarga gue bahwa gue sempet kepikiran tuk menikah deket2 usia 30. Mereka semua langsung bilang “jangan!” Apalagi nyokap gue. Beliau sampe bilang “ Ngga. pokoknya jangan. Kalau ada cowok yang ngelamar jeje sekarang, terima aja je. Umi lebih setuju jeje nikah muda dibanding nikah tua.” gue ngga se-desperate itu juga -.-" hahahah.. XD gue lupa kalau nyokap gampang cemas harusnya gue ngga usah ngomong.

Sementara sepupu gue bilang “Jangan Na. nanti usia loe ma anak loe terlampau jauh.” 
hm.. ucapan sepupu gue ada benernya juga sih. Gara2 omongannya gue jadi innget salah satu keinginan gue adalah punya 4 orang anak. :) semoga dikabulkan sama Allah :D

Jadi apakah gue bakal menikah muda, menikah atau melajang? Entahlah.. gue sepertinya bakalan tetep menikah karena itu sunnah Rasul, Tapi soal kapan, liat nanti deh. hehehe


intinya sih gue baru ja dapet pencerahan daripada gue khawatir ngga jelas, lebih baik gue berdoa sama Allah minta dikasih yang terbaik dan mengungkapkan kekhawatiran2 gue padaNya. :D
Doain Hana aja ya guys :D

Anyway, hal-hal lain yang Hana pelajari adalah
5 faktor yang membedakan pasangan bahagia dan tidak bahagia:
a.       bagaimana pasangan berkomunikasi dengan baik
b.      fleksibilitas hubungan mereka dengan pasangan
c.       kedekatan secara emosional satu sama lain
d.      kesesuaian kepribadian mereka satu sama lain
e.       bagaimana mereka menyelesaikan masalah

ciri2 pernikahan bahagia:
a.       kesamaan latar belakang individu
b.      persamaan karakteristik dan ketertarikan
c.       status ekonomi, pekerjaan dan pasangan yang sama-sama bekerja
d.      pekerjaan rumah tangga (keadilan dan keseimbangan antarpasangan)

Setelah dipikir2, Hana harusnya bersyukur. Di psikologi, hana bisa belajar tentang pernikahan dan juga cara jadi orang tua yang baik. Ngga semua orang punya kesempatan begitu.  hehehe

Semoga bermanfaat ya guys :D


Daftar Pustaka
Wisnuwardhani, D. & Mashoedi, S.F,  (2012) Hubungan interpersonal. Jakarta, Salemba Humanika

4 komentar on "Menikah muda, Menikah, atau Melajang?"
  1. jadi, kak hana mau nikah kapan? :D

    BalasHapus
  2. kan udah dijawab di atas nike
    "Jadi apakah gue bakal menikah muda, menikah atau melajang? Entahlah.. gue sepertinya bakalan tetep menikah karena itu sunnah Rasul, Tapi soal kapan, liat nanti deh. hehehe" ^^v

    BalasHapus
  3. lengkap bgt makasih yaaaaa jd dapet banyak info

    BalasHapus
  4. alhamdulillah :D semoga bermanfaat :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature