Top Social

Calm, Hana. You will not be stupid forever

|


Alhamdulillah hari ini presentasi analisis jurnal mata kuliah Diri dalam kehidupan Sosial (dirsos ) berjalan lancar. (ノ゚)Jurnal yang dianalisis itu

McDaniel, B. L. & Grice, J.W.(2007). ‘Predicting psychological well-being from self-discrepancies: Acomparison of idiographic and nomothetic measures’,Self and Identity,7:3,243 — 261. Doi 10.1080/15298860701438364
Seminggu kemarin jurnal ini sukses membuat senyum menghilang dari wajah gue karena gue berasa bego pas baca jurnal tersebut. Gue ngga ngerti-ngerti padahal udah sampe jungkir balik baca tu jurnal. Gue sangat khawatir paper yang gue buat bakalan dapet nilai jelek dan gue terlihat bodoh. I don’t want to look stupid. Mengingat kelompok gue adalah kelompok pertama yang tampil, gue pengen bisa nampilin presentasi dengan baik. Tapi gimana caranya gue bisa analisis dan presentasi dengan baik kalau ternyata paham isi jurnal itu aja gue ngga ngerti. (;° °)
Gue punya irrasional belief kalau gue ngga pinter, ngga bakal ada yang mau jadi temen gue. Selain itu gue takut ngecewain dosen dan temen-temen gue kalau paper yang gue buat jelek. Intinya gue stress.

Gue pun curhat ke Joe dan sempet terhibur karena Joe bilang kalau jurnal tersebut adalah jurnal untuk S2. Self-esteem gue mulai membaik. Gue tiba-tiba ingat gue pernah curhat sama joe tentang masalah ketakutan gue sama senior dan dia bilang mungkin kognitif (pikiran) gue yang harus dibenerin. Gue berpikir mungkin gue harus melakukan hal yang sama juga untuk masalah ini dan gue berusaha mencari-cari kata-kata bijak yang menghibur gue.

Alhamdulillah gue teringat kata-kata bijak waktu gue main ke SMAK 7 penabur. Gue inget gue ngeliat gambar seorang anak cowok mengangkat tangan dan anak-anak di sekitarnya meihat ke  arah dia. Di bawah gambar tersebut tertulis “He may look stupid for five minutes, but he will not be stupid forever”. 




Sumpah kalimat tersebut nohok banget karena terkadang alasan gue takut buat nanya kalau di kelas adalah takut terlihat bodoh. Kalimat tersebut juga menyindir kesombongan gue. Gue inget gue pernah nganggep salah seorang temen gue bodoh karena dia selalu nanya hal yang simple dan hal-hal yang sebenarnya dosennya udah ngejelasin dan buat gue sih jelas-jelas aja. Tapi dia malah nanya. Dalam hati gue bertanya-tanya “ni orang merhatiin ga sih?”. 


Tapi kalian tahu ngga? Nilai ujian dia tuh lebih bagus dari nilai ujian gue. Dia dapet 90 sementara gue Cuma 70.  Insight yang gue dapet sih lebih baik berani nanya dan terlihat bodoh selama 5 menit dibanding  diem aja karena takut terlihat bodoh tapi malah jadi bodoh beneran. Kalimat “He may looks stupid for five minutes, but he will not be stupid forever” berlaku juga buat kondisi gue saat ini. Mungkin gue sebaiknya berusaha sebisa mungkin menganalisis jurnal tersebut dan melupakan ketakutan gue terlihat bodoh. Jika nanti ternyata analisis jurnal gue salah ataupun presentasi gue jelek, it’s fine. Gue paling terlihat bodoh selama pertemuan tersebut tapi bukan berarti gue bakal terus-terusan jadi orang bodoh. Gue masih berkesempatan memperbaiki kesalahan gue sehingga tugas-tugas selanjutnya gue bisa mengerjakan dengan lebih baik. :D Amin :D

Semangat hana (◦`')9

|
Girls always wait for the world to give them things. To see what sweet, smart, obedient girls they are, then paste a star on their foreheads. It doesn’t work that way. The things you really want in life, you have to take. THE FLAMENCO ACADEMY BY SARAH BIRD



Never love anybody who treats you like you’re ordinary -Oscar Wilde

JAMES BALDWIN


my favorites quotes about developmental psy and psychoanalysis :D

|

there is nothing is permanent expect change -heraclitus

there is one thing even more vital to science than intelligent methods;
and that is, the sincere desire to find out the truth, whatever it may be. -charles Sanders Pierce

if I could have watched you grow
as magical mother might
if I could hae seen through my magical transparent belly,
there would have been such ripening within -Anne Sexton, 1966

the experience of the 1st three years of life are almost entirely lost to us.
& when we attempt to enter into a small child's world,
we come as foreigners who have forgetten the landscape
& no longer speak the native tongue -Selma Fraiberg


so runs my dream; but what am I?
an infant crying in the night;
an infant crying for the light,
and with no language but cry -Alfred, Lord Tennyson, In Memoriam, Canto 54, 1850

i'm like child
trying to do everything
say everything
and be averything
all at once -John hartford, "Life Prayer", 1971

Children live in a world of imagination & feeling....
They invest the most insignificant object in any form
they please, and see in it whatever they wish to see -Adam G. Oehlenschlager, 1857

Play gives children a chance to practice what they are learning....
They have to play with what they know to be true in order to find out more,
and then they can use what they learn in new forms of play -Fred Rogers, 1983

What we must remember above all in the education of our children
is that their love of live should never weaken -Natalie Ginzburg, 1985

Have you ever like nobody?
Just tiny speck of air
When everyone's around you
And you are just not there -Karen Crawford, age 9

this face in the mirror
stares at me
demanding Who are you? What will you become?
and taunting, You don't even know
Chastened, I cringed and agree
an then
because I'm still young
I stick out my tounge -Eve Merriam, 1964

if...happiness is the absence of fever then I will never know happiness.
For I am possessed by a fever for knowledge, experience, & creation -Diary of Anais Nin (1931-1934)

There is still today
And tomorrow fresh with dreams;
Life never grows old -Rita Duskin,"Haiku", Sound and Light, 1987

Every aduts is in need of help, of warmth, of protection
,,,in many ways differing [form] and yet in many ways similar to the needs of the child
-Erich Fromm, 1955


If I couldn’t be pretty, I decided I would be smart -Karen Horney

One is very crazy when in love  . . .
Whoever loves becomes humble.
Those who love have, so to speak,
pawned a part of their narcissism -Sigmund Freud

Yes, America is gigantic,
but a gigantic mistake -Sigmund Freud

Where love rules, there is no will to power;
and where power predominates, there love is lacking.
The one is the shadow of the other. -C.G. Jung

Show me a sane man
and I will cure him for you -C.G. Jung

Exaggerated sensitiveness is an expression of the feeling of inferiority -alfred Adler

Concern should drive us into action, not into a depression  -Karen Horney

Love is often nothing but a favorable exchange between two people
who get the most of what they can expect,
considering their value on the personality market.-E. Fromm

The mother-child relationship is paradoxical and,
in a sense, tragic. It requires the most intense love on the mother's side,
yet this very love must help the child grow away from the mother,
and to become fully independent.  -E. Fromm

What you know about the people whom you know at all well is truly amazing,
even though you have never formulated it -H. S. Sullivan

When the satisfaction or the security of another person becomes as significant to
one as one's own satisfaction or security,
then the state of love exists.
Under no othercircumstances is a state of love present,
regardless of the popular usage of the term -H. S. Sullivan



Before you marry: Questions to ask and answer

|

I found interesting book at faculty psychology of UI's library 
the title is "Before you marry: Question to ask and answer" By sylina M. Duvall (1964)
unfortunately, the page about book info such as the publisher is missing.. so I dont know and did not write the publisher info (if you know, please tell me in the comment below, I will edit it) ...


In every chapter I pick questions that I considered interesting :D so the number & sequence of questions are not exactly the same as you will read in the book.



Chapter 1 your chances for success in marriage
1.       Why do you want to marry?
Marrying just to get married? Marrying to get away from it all? Marrying on the rebound? Marrying because of family pressure? having your head turned by sex appeal (if sex appeal were the most important quality necessary for marriage success, Hollywood would be known for happy couples)? Marrying for “kicks” (catatan: orang yang menyenangkan buat berkencan belum tentu menyenagkan untuk diajak menikah)?
2.       What are the sound reasond for wanting to marry?
Security and social status? companionship and love? home and children?

Chapter 2 how do you know it’s love?
1.       What are dangers of idealizing a lover?
You may fail to see the real person. The most dangerous person to marry is your ideal-dangerous because you are likely to overlook the presence of disqualifying defects or the absence of characters essentials, you expose yourself to disillusionment, you may expect too much, you may ignore serious problem
2.       Why do you want to marry this person?
Be sure you love a person for what he is not for what you imagine him to be or want him to become
3.       How do you tell the difference between love and infatuation?
a.       Mature love of persons who have grown up
b.      In mature love, you love the other for what he is as a person, rather than merely for the fun you have together
c.       Mature love is outgoing and mutual, not selfish
d.      Mature love is not compulsive or absolutely necessary
e.      In mature love you will both want to leave each other free to develop, and to enjoy other interest and person
f.        Mature love can accept people as they really are
g.      Mature love can take ambivalence in its stride
h.         Mature love faces life squarely
i.        Mature love receives and is more likely to get the support of friends and parent
j.       Mature love last and grows

Chapter 4 marriage is real job. Can you handle it?
1.       Are you both old enough to marry?
2.       Could you meet physical demands of marriage?
3.       Are you really grown up?
4.       Could you, as a wife, manage household with reasonable efficiency?
5.       Would you be a good companion?
6.       Would you make a good parent?
7.       Can you earn a living?

Chapter 5 financing your marriage
1.       How much should you have before marriage? Consider cash, good, prospect
2.       What about a wife’s working?
3.       What adjustment does the outside employment of wife require? How much will the wife work after marriage? If she continues work full time, how will the household jobs be assigned?
4.       After you married, who gets how much, and by what plan?
a.       The dole system
b.      The family treasurer system
c.       The division of expenses system
d.      The rigid budget system
e.      The joint bank account system
5.       Have you considered each other’s spending preferences?
6.       What do you know about budgeting?
7.       Can you buy intelligently?
8.       What is your long-range housing programme? Should you rent or buy?
9.       What should you know about insurance?

10.   What are the best plans for saving and investment?
11.   Could you both live contentedly within the income you will pro chapter ly have?

Chapter 6 some character essential to check on
1.       Are you both acceptably honest?
2.       Would you acceptable neighbours and friends?
3.       Are you both basically good people?
4.       Are you willing to learn?
5.       Are you willing to accept competent help (marriage counsellor)?
6.       Are you willing to pat the cost of success?
7.       Do you have the will to succeed?

Chapter 7 personality and mental health
1.       Do you have good mental health?
2.       Are you both basically happy person?
3.       Are you both emotionally weaned from your parent?
4.       Do you sound attitudes toward your masculinity or femininity?
5.       Can you trust others intelligently?
6.       Do you trust yourself?
7.       Is your attitude toward life appreciative or demanding?
8.       Can you accept each other as you are?

Chapter 8 who is right for you

1.       Do opposite attract?
People attract not so much because they are opposite, as because they supplement what is lacking and needed in the other
2.       On what basis shall you choose your marriage partner?
a.You tend “fall in love” with  the apparently available person whom you can feel (rather than think) will enable you to play the role in marriage that you want to play
b. falling in love is the response you make to a person who seems to have what you feel you need, and who seems to need what you can and very much want to give
3.       How well do you know each other?
One best ways to get to know a person is to see him under pressure
4.       What is importance for you in marriage?
 Economic security? Children? Home? social activity?social ambitions? Interest and activities?
5.       How adjustable you are?
6.       Who will be the boss, and why?
a.       You can approach by defining area of control
b.      The amount & area of control that each of you expect will depend partly upon the way it was in the family in which you grew up
c.       Usually those who care the most and fight the hardest, exercise the most control.
d.      The stronger and abler tend to take over and run things
7.       How much you can change a person after marriage?
a.       The desire to change another sometimes indicates something wrong with you rather than with your mate.
b.      The desire for change may actually not be for better

Chapter 9 mixing marriages
1.       How close in age you should be?
2.       What difference will education make? Is it safe for a wife to be smarter than her husband?
3.       Are you from the same racial group?
4.       Does social class make a difference?
5.       What adjustment inter cultural marriage require?

Chapter 10 the family you marry
1.       Why are family relationships so important?
2.       Were your parent happily married? Was your childhood happy?
3.       What were your relationships with your parents?
4.       How well do you know your prospective mate’s family? What should you look for?
5.       If you don’t like what you found in family, what then? The paramount question is not the family like, but how it has influenced the one you are interested in marrying
6.       Do both families approve the marriage? If not, who disapproves, and why?

Chapter 11 emergencies and crises
1.       How you handle infidelity?
2.       What if, after marriage, you find yourself in love with someone else?
3.       What if, after marriage, you find that you no longer love each other?
4.       Could you adjust to financial reverses?
5.       Could you adjust to serious injury or prolonged illness?
6.       How you handle the crisis of death?

Chapter 12 what can bind your marriage together?
1.       Do you both have mutual and individual interest?
2.       Will your interest and activities bring you together or pull you apart?
3.       How important is companionship?
4.       How do you feel about children?
5.       Do you both want essentially the same things out of life?
6.       Do you help larger purpose that help tie your marriage together?
7.       What is marriage for? 

Analisis Film Miracle Worker : Peran Significant others dalam membentuk perilaku

|
Sumber gambar: wikipedia



1. Sinopsis
I seldom think about my limitations, and they never make me sad. Perhaps there is just a touch of yearning at times; but it is vague, like a breeze among flowers
-Helen Keller-

Siapa yang tidak kenal Helen Keller? Beliau adalah salah satu wanita berpengaruh di dunia. Beliau merupakan wanita buta-tuli yang pertama kali meraih gelar Bachelor of Arts (BA).  Kisah masa kecil Helen Keller diceritakan dalam film berjudul “Miracle Worker” yang diperankan oleh Hallie Kate Eisen dan disutradarai oleh Nadia Tass (2000). Film ini menggambarkan perjuangan Anne Sulivan  yang diperankan oleh Alison Eliot dalam mengajarkan Helen sopan santun dan juga memahami kata-kata. Bagian awal film berusaha menggambarkan kondisi Helen yang buta dan tuli dengan memperlihatkan Helen berjalan dengan meraba-raba dan berusaha menyentuh mulut salah satu budaknya yang bernama Percy. Selain itu, Helen juga beberapa kali menabrak benda di hadapannya ketika berjalan.
Bagian awal film juga menceritakan kondisi keluarga Keller yang terdiri dari ayah, ibu, kakak Helen yang bernama James, Helen, adik Helen yang masih bayi dan bibi Evelyn. Dalam film, digambarkan ayah Helen dan kakak Helen, James sering bertengkar. Ibu Helen terlalu fokus pada Helen sehingga jarang meluangkan waktu untuk adik Helen. Melihat masalah yang terjadi di keluarga Helen, bibi Evelyn menyarankan kedua orang tua Helen untuk menulis surat kepada Dr. Chisolm. Sayangnya, Dr. Chisolm tidak bisa membantu Helen sehingga menyarankan Helen untuk menghubungi Alexander Graham Bell. Kemudian Bell menyarankan orang tua Helen untuk menghubungi Perkins Institute for the Blind. Kepala Sekolah Perkins Institute for the Blind meminta Annie Sulivan untuk menjadi instuktur Helen. Semenjak itulah hubungan antara Annie dengan Helen dimulai.
Selama di perjalanan, Annie mengetahui dari Ibu Helen bahwa Helen belum diajarkan mengenali bahasa sehingga begitu tiba di rumah keluarga Keller, Annie berusaha mengeja kata-kata ke tangan Helen.  Kata pertama yang Annie ajarkan adalah doll. Walaupun keluarga Keller sempat tidak yakin Hellen dapat belajar bahasa karena Helen buta dan tuli. Namun, Annie tetap berusaha mengajarkan Helen kata-kata karena Annie percaya “bahasa lebih penting bagi pikiran daripada cahaya bagi mata”.
Keesokan harinya, ketika Annie sarapan bersama keluarga Keller, Annie terkejut melihat keluarga Keller membiarkan Helen makan dengan posisi berdiri dan menggunakan tangan. Annie kemudian meminta keluarga Keller mengizinkan waktu berdua dengan Helen untuk mengajarinya makan dengan  benar. Saat jam makan siang, Annie berhasil membuat Helen makan menggunakan sendok, garpu dan serbet. Namun, setelah kejadian tersebut Helen selalu menghindari Annie sehingga menyulitkan Annie mengajarinya kata-kata. Annie pun meminta izin keluarga Keller agar Hellen tinggal hanya berdua dengannya selama  di rumah kebun. Selama di rumah  kebun tersebut Annie mengajarkan Hellen kata-kata dan berhasil mengubah perilaku Hellen. Sayangnya, sebelum Helen paham kata merepresentasikan sesuatu, Helen diminta kembali ke rumah. Lebih parahnya lagi, ketika Helen kembali ke rumah, perilaku Helen kembali seperti semula. Helen kembali makan menggunakan tangan dan mengguyur Annie dengan air dari teko. Annie yang marah melihat perilaku Helen membuat Helen mengisi kembali teko tersebut. Ketika Annie sedang mengalirkan air dari pompa seraya menuliskan kata air di telapak tangan Helen, saat itu keajaiban terjadi. Helen menyadari ide ‘air’, kemudian terus-terusan bertanya kepada Annie nama-nama benda di sekitarnya. Film diakhiri dengan adegan Helen mencium pipi Annie dan dibalas Annie dengan bahasa isyarat  I love Helen.                                                                                                                      

2. Analisis
Analisis film Miracle Worker akan berfokus pada peran significant others yaitu Ayah, Ibu, Kakak, Bibi Evelyn dan Annie Sulivan terhadap Helen. Hal ini disebabkan orang tua, saudara merupakan bagian penting dalam proses perkembangan dan pendidikan anak.
2.1. Ayah Helen
Ayah Helen berada pada tahap anger menurut Kuebler-Ross (dalam Mangungsong, 2011). Beliau menunjukkan karakteristik pada tahap ini yaitu menyadari bahwa anaknya tidak menunjukkan peningkatan dan kemungkinan memunculkan rasa marah pada dirinya. Karateristik tersebut terlihat dari pengakuan ayah Helen yang sudah putus asa menghadapi Helen karena telah gagal mencari dokter yang dapat menyembuhkan Helen. Selain itu, ayah Helen menyarankan ibu Helen untuk menerima keadaan Helen dan memasukan Helen ke rumah sakit jiwa yang baik. Di masa ini, orang berkebutuhan khusus sering disalahpahami sebagai orang yang sakit jiwa sehingga masyarakat yang memiliki anggota keluarga dengan berkebutuhan khusus dan merasa sudah menyerah untuk mengurusnya, mengirimkan anggota keluarga tersebut ke rumah sakit jiwa. Kesadaran bahwa Helen tidak mengalami peningkatan juga ditunjukkan saat Annie belum berhasil mengajarkan Hellen berbicara, ayah Helen berkomentar bahwa mungkin Tuhan tidak menginginkan Hellen untuk berbicara.
Ayah Helen sering membiarkan tingkah laku Helen selama Helen tidak membuat kegaduhan. Hal itu terlihat ketika adegan Helen mencopot kancing bibi Evelyn, ayah Helen mengatakan Helen diperbolehkan melakukan hal-hal kecil yang membuatnya bahagia. Ayah Helen tidak memberikan batasan tingkah laku yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh Helen sehingga Helen bebas melakukan apapun yang dia inginkan. Kondisi itu membuat Helen sulit diatur dan tidak disiplin.  Selain itu, dalam film terlihat bahwa Helen tidak takut ataupun hormat terhadap ayahnya.
Ada dua tanggung jawab yang belum dipenuhi ayah Helen yaitu memperhatikan hubungan saudara-saudara anak luar biasa dan merencanakan masa depan anak. Ayah Helen tidak memberikan penjalasan atau pengertian kepada James untuk memahami kondisi anak luar biasa, dalam hal ini kondisi Helen. Hal itu menyebabkan James tidak mampu melakukan penyesuaian diri dengan baik ketika berinteraksi dengan Helen. Selain itu, ayah Helen dan James menjadi sering beradu argumen. Ayah Helen juga tidak mempersiapkan Helen untuk mandiri di masa depan. Beliau merasa kasihan terhadap Helen namun karena beliau sudah putus ada dengan kondisi Helen, beliau pun tidak mengajarkan Helen keterampilan untuk mengurus diri sendiri.  Dua penyebab lain  yang kemungkinan besar membuat ayah Helen tidak mempersiapkan Helen untuk mandiri di masa depan adalah ketidaktahuan bahwa Helen mampu belajar dan mengurus dirinya sendiri serta perasaan mampu untuk menanggung hidup Helen karena keluarga Helen termasuk kalangan menengah ke atas. Seharusnya ayah Hellen sadar bahwa suatu saat nanti dia tidak bisa selalu ada untuk Hellen. Oleh karena itu, penting mengajarkan Hellen kemandirian.

2.2. Ibu Helen
Perilaku anak bertahan karena di-reinforce oleh orang tuanya.  Ibu Helen berperan menyebabkan perilaku agresif Helen tetap bertahan melalui operational conditioning. Pada awal film ketika Helen menjadi tantrum ketika Percy, budak keluarga Keller, menolak disentuh olehnya, ibu Helen datang dan berusaha menenangkan Helen dengan memberinya permen. Begitu pula halnya ketika Helen menusuk Annie, ibu Helen malah memberi Helen permen. Helen belajar bahwa setiap kali dia tantrum atau berperilaku agresif maka ibunya akan memberinya permen.  Selain itu, salah satu kemungkinan Helen penuh kemarahan adalah ketidakmampuannya untuk mengungkapkan apa yang dia inginkan karena keterbatasan bahasa yang dia ketahui. Helen sebelum bertemu Annie, hanya memiliki tanda ketika dia menginginkan ibunya. Orang tua memiliki kecenderungan untuk mengontrol interaksi dengan anak yang buta-tuli karena ketidakpahaman mereka dengan utterances anak mereka (Vervloed, van Dijk, Knoors, & van Dijk, 2006). Kondisi tersebut juga terlihat ketika interaksi antara ibu Helen dengan Helen. Walaupun Ibunya mengaku tahu apa yang dinginkan Helen, namun yang sering dilakukan ibu Helen adalah memberi Helen permen supaya Helen tenang.
            Ibu Helen sendiri cenderung berada pada tahap bargaining menurut Kuebler-Ross (dalam Mangungsong, 2011) karena menunjukkan karakteristik berpikir imaginatif dan berfantasi  jika dia (ibu Hellen) berusaha dengan keras maka anaknya akan mengalami peningkatan. Beliau masih mengharapkan Helen dapat membaik dan menolak memasukan Helen ke rumah sakit jiwa.
2.3. James, Kakak Helen
James yang merupakan saudara Helen yang lebih tua. Dia sering lebih fokus bagaimana masyarakat memandang dirinya dan Helen yang berkebutuhan khusus (Mangungsong, 2011). Kekhawatiran James tersebut tersirat dari percakapan antara dirinya dengan Bibi Evelyn pada bagian awal film. Bibi Evelyn menanyakan mengapa James jarang mengundang teman-temannya ke rumah dan memberikan nasihat agar James tidak usah khawatir dengan pandangan teman-temannya mengenai Helen. Secara tidak langsung adegan tersebut menggambarkan rasa khawatir James. Rasa khawatir tersebut muncul karena orang tua tidak mempersiapkan ataupun James menjadi kakak berkebutuhan khusus. Dalam film juga digambarkan James sering mengritik pola asuh orang tuanya dalam membesarkan Helen. Sayangnya, orang tua Helen menganggap kritikan yang dilontarkan oleh James merupakan bentuk rasa iri antar saudara sehingga tidak menanggapi serius kritikan tersebut. Selain itu, James hanya mengritik perilaku orang tuanya tanpa melakukan intervensi tindakan apapun terhadap Helen.
2.4. Annie Sulivan
Annie tahu kondisi Helen yang buta tuli tidak dapat merespon sesuai dengan anak normal. Hal itu disebabkan salah satu aspek learning yaitu imitasi tidak dapat digunakan, karena anak buat tuli tidak mampu mempersepsinya, sehingga harus dilakukan pendekatan yang langsung dan sangat intens (Vervloed, van Dijk, Knoors, & van Dijk, 2006). Annie yang mengetahui hal tersebut meminta kepada keluarga Keller untuk memberinya izin tinggal berdua dengan Hellen di rumah kebun. Keuntungan lain Annie hanya tinggal berdua dengan Helen adalah agar Helen tidak kebingungan dalam menerima pesan. Berbeda halnya ika pendidikan Helen dilakukan di dalam rumah, Helen mengetahui bahwa orang tuanya dan Annie menerapkan peraturan yang berbeda sehingga Helen akan cenderung memilih yang paling menyenangkan untuknya. Kendala yang akan dihadapi jika dilakukan pendekatan yang langsung dan sangat intens membuat anak buta tuli berusaha melarikan diri dari interaksi tersebut (Vervloed, van Dijk, Knoors, & van Dijk, 2006). Kondisi tersebut digambarkan pula di film ini. Saat hari pertama Helen tinggal bersama Annie, Helen berusaha melarikan diri dan bersembunyi di kolong tempat tidur.  
Annie menerapkan prinsip reward and punishment dalam operational conditioning dalam mendidik Helen. Ketika Helen memberikan respon yang sesuai maka Helen mendapatkan yang ia inginkan ketika Helen berhasil membuat isyarat cake maka Helen mendapat cake dan ketika perilaku Helen tidak sesuai yang diharapkan maka Helen tidak mendapatkan apa yang ia inginkan. Selain itu Annie konsinten menerapkan peraturan yang dia berikan kepada Helen sehingga Helen patuh dan belajar perilaku apa yang boleh dan tidak. Annie mampu membuat Helen makan dengan sendok dan mengajarkan Helen merajut. Annie mengajarkan Helen berbicara dengan cara memberi Helen benda yang bisa diraba dan menuliskan nama benda tersebut di telapak tangan Helen dengan menggunakan bahasa isyarat. Sayangnya usaha Annie dalam mendisiplinkan Helen maupun mengajarkan Helen berbicara justru sempat mendapat kesulitan dari kedua orang tua Helen karena menganggap Annie terlalu keras kepada Helen. Annie melihat bahwa orang tua Helen merasa lebih mudah merasa kasihan pada Helen daripada mengajarkannya berperilaku baik. Untungnya Annie dapat meyakinkan orang tua Helen untuk menyerahkan pendidikan Helen kepada dirinya.
2.5.      Bibi Evelyn
            Bibi Evelyn termasuk salah satu orang yang peduli dan sayang pada Helen. Dia yang merekomendasikan Helen bertemu Dr. Chisolm demi kesembuhannya. Bibi Evelyn menjadi salah satu dukungan moril bagi keluarga Keller.

3. Simpulan
Dalam film Miracle Worker tergambar jelas peran Significant others dalam membentuk perilaku Helen. Perilaku Helen yang tidak disiplin dan agresi dipertahankan karena Ayah dan Ibu Helen cenderung merasa kasihan pada Helen sehingga tidak memberinya hukuman. Namun Annie berhasil mebuktikan pada keluarga Keller bahwa Helen dapat bertingkah laku seperti anak normal (berbicara dan disiplin) dengan pengajaran yang konsisten, tegas, dan menggunakan sistem reward-punishment. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bertahan atau tidaknya perilaku Helen ditentukan oleh reaksi Signifikan others terhadap perilakunya.





Daftar pustaka
Domjan, M. (2010). The principles of learning and behavior. (6th Ed.) Belmont: Wadwordth.
Hellen keller quotes (n.d). Retrieved from http://www.brainyquote.com/quotes/authors/h/helen_keller.html Diakses pada tanggal 7 Desember 2011 pukul 19.30 WIB
Mangunsong, F. (2011). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus: Jilid kedua. Depok: LPSP3 UI.
Tass, N. (Director). (2000). Miracle worker [Motion Picture]. United States: Disney.
Vervloed,M. P. J., van Dijk, R. J. M., Knoors, H., & van Dijk, J. P. M. (2006). Interaction between teacher and congenitally deafblind child. American Annals of Deafs, 151(3), 336-343.

Note to myself (Catatan yang perlu hana ingat selama jadi mahasiswa tingkat 2 psikologi UI )

|


Halo guys :D
Sudah seminggu lebih perkuliahan semester 5 berjalan :D masih ngga percaya kalau sekarang hana jadi mahasiswa tingkat 3… waktu cepat sekali berlalu ya? XD perkuliahannya meyenangkan :D di semester ini, mahasiswa psikologi memilih peminatan dan peminatan yg hana ambil adalah sosial klinis (SoKlin)
\(•ˆˆ‎​​​​•)/
Btw, ni jadwal kuliah hana di semester 5:





Hana mau share insight yg hana dapet selama jadi mahasiwa psikologi UI tingkat 2 (semester 3 dan 4) kemarin :D

Semester 3

1.       Lebih baik hana ngga ikut semester pendek
Hana memiliki semangat 45 ketika mengikuti perkuliahan di semester pendek namun semangat Hana menurun saat masuk kuliah di semester 3 >.< merasa jenuh banget gitu… ip hana pas sp bagus tapi semester biasa malah turun.. padahal sks yg diambil di semester biasa kan lebih banyak
2.       Salah satu strategi manajemen waktu: Lebih baik fokus di satu organisasi.
Di semester 3 ini, hana ngerasa kecapaian karena hana ambil terlalu banyak kepanitiaan (buat ukuran hana ya). Kepanitiaan yang hana ikuti tuh center of entrepreneurship BEM UI 2011, best wanna be 2011, dan nat su no hi 2011. Hana ngerasa manajemen waktu Hana buruk banget dan performa Hana di ketiga kepanitiaan plus di SALAM UI jadi ngga maksimal.  Tidur pun ngga cukup (ngga 8 jam sehari) karena ngerjain tugas baik akademis maupun perkuliahan. Bahkan di semester ini hana pernah tidur cuma satu jam sehari. Rekor banget buat ukuran Hana bilqisthi. Well, intinya adalah menurut hana lebih baik ikut satu organisasi tapi berperan maksimal daripada ikut banyak tapi setengah-setengah.
3.       Harus makan malem
Di semester 3 ini Hana sering ngga makan malem dan mendapati tubuh hana sangat lemas saat bangun tidur. Pola hidup yang sangat tidak sehat
4.       Konsentrasi saat di kelas
Saat kuliah di semester ini, hana suka ngga konsen dengerin dosen. Otak hana jalan-jalan mikirin cara cepat untuk menyelesaikan tugas-tugas akademis dan kepanitiaan. (jangan ditiru ya).
5.       Baca buku sebelum perkuliahan dimulai (ngga milih2)
Well, sebenernya ini udah hana lakukan tapi untuk mata kuliah-mata kuliah yang Hana SUKAI. Kalau matkulnya ngga hana sukai, bukunya sama sekali ngga hana sentuh kecuali pas mau ujian. Parah banget ya? pantesan nilai matkul yang hana sukai selalu bagus tapi yang hana ngga suka tuh biasa aja :D hahaha
6.    Being perfectionist kills me
Di mata kuliah psikologi pendidikan, Hana tersadarkan kalau sebenarnya sifat perfeksionis yang Hana miliki itu lebih banyak merugikannya untuk hana dibanding keuntungannya.  Gara2 baca table dibawah ini:
Perfeksionis
Healthy Striver
Memasang standard terlalu tinggi dan diluar
Kemampuan
Memasang standard tinggi namun masih
dapat dicapai
Tidak pernah puas diluar dari kesempurnaan
Dapat menikmati keseluruhan tindakan dari
proses sampai hasil yang keluar
Menjadi depresi dan kecewa berat karena
saat mengalami kegagalan
Mempunyai daya lenting untuk kembali dari
keadaan kecewa saat gagal
Tertekan oleh perasaan takut melakukan
kesalahan dan kegagalan
Tetap merasa takut gagal namun masih
dalam tingkat wajar, tidak panik berlebihan
Melihat kesalahan sebagai tanda bahwa ia
tidak berharga
Melihat kesalahan sebagai bahan
pembelajaran dan kesempatan untuk
berkembang
Menjadi terlalu defensif saat dikritik
Memberi reaksi positif saat mendapat
kritikan atau masukan

 Sumber : Santrock, J.W. (2011). Educational psychology. (5th ed). New York:McGraw-Hill.

Selain itu, hana juga mencari tahu tentang perfeksionis dan ternyata:
Perfeksionis itu dibentuk bukan karena diturunkan(genetic).  Anak yang perfeksionis biasanya entah memiliki orang tua yang perfeksionis (anak jadi meniru jadi perfeksionis) atau karena factor interaksi dengan orang tua yang menuntut kesempurnaan pada anak.
Karena tahu perfeksionis itu dibentuk, hana berusaha mengubahnya walaupun sempet khawatir prestasi hana bakal turun kalau hana ngga perfeksionis


  ('́)


Perfectionists fear that if they give up perfectionism, they won't be good anymore at anything; they'll fall apart. In fact, perfectionism harms performance more than it helps.


Alhamdulillahnya salah satu temen deket Hana, Vania adalah seorang healthy striver, Hana belajar meniru dia di semester 4. makasih banyak ya van :D
Buat yang mau tahu lebih banyak ttg perfeksionis bisa baca link ini:


Saran buat ngatasin perfeksionis:
Try one or more of these and observe the consequences:
  • List the negative consequences of perfectionism—are you seen as controlling? Do you take on extra work without being asked and then feel overworked? Do you feel exhausted? Does the worry about being a failure or not good enough still come back?
  • Stop using all/never language, such as "It is awful if I make a mistake." "I must always be right!" Mistakes are not intolerable and they are not proof of your unworthiness. See how you and others react when you stop that way of speaking.
  • Plan for "non-perfect" performance. Decide to not take on a specific one-time job that someone else could do, such as writing a report. The goal: to see whether the work gets done even if you don't do it. Also observe: if it doesn't get done, the world doesn't end.
  • Observe the imperfect work of others, and how people accept it with surprising frequency as "good enough."
  • Assume some responsibility, but do not do what others are supposed to be responsible for. Then watch. What do others do and how do you feel?
  • Deliberately do not finish some work, such as typing up an elaborate agenda for a meeting. These kinds of detail-oriented items typically turn out to be inconsequential and noticing that may help the perfectionist become willing to dial down their efforts.
  • Observe how little anyone cares whether you were perfect.
  • Note that when unexpected problems occur, most people usually cope.
  • Learn what makes the difference between important and inconsequential tasks, and to distinguish between what is essential and what is not. Try skipping some inconsequential aspects of a task and observe whether it matters.


Nah berdasarkan insight yang Hana dapat di semester 3, Hana berusaha melaksanakan hal-hal tersebut di semester 4. Kalian tahu apa? Hana merasa jauh lebih bahagia :D bahkan, hana bisa menikmati saat ini. Di semester 4, hana menyadari bahwa selama ini hana terlalu mengejar masa depan sampai tidak menikmati saat2 ini (present). :D
hana juga beruntung banget dikelilingi temen2 hana yang suportif banget ketika proses Hana belajar untuk tidak perfeksionis.. berkali-kali hana khawatir apakah performa akademis dan organisasi Hana bakalan jadi jelek klo Hana ngga perfeksionis :D
thanks a lot to berlian damenia, hafida kusuma dewi yang selalu bilang "it's okay, Hana" saat Hana cemas (˘⌣˘)ε˘`)

Makasih banyak juga buat kelompok (peer di kampus) tim peneliti milenium supercool yaitu Dyah Ayu Kartika, Hana Talita, Vania Callista dan Ikhsan Aridani yang tetep mau menerima Hana ketika Hana udah tidak lagi seorang yang perfeksionis :D
Makasih banyak juga buat SALAMERS (seluruh staf dan BPH SALAM UI) terutama biro PSDM yang mau bersabar  sama tingkah laku Hana :D


( ^o)( ^ 0 ^ )(o^ )


salah satu perubahan yang terjadi di semester empat adalah hana mulai jarang menggunakan tas ransel.. selama ini hana selalau pakali tas ransel dan bawa banyak barang  (bisa baca disini)  nah, semester 4 hana mulai pake tas selempang gitu.. karena kapasistasnya yang lebih kecil dari tas ransel, gue pun mulai milih2 barang yang gue masukkin ke tas. Selain itu, gue ngga lagi abwa laptop tiap hari ataupun buku text kuliah. soalnya gue udah baca bukunya sebelum keliah dan ternyata bawa laptop pun sering ngga gue pake. buku text baru gue bawa ketika ternyata gue belum beres baca buku tsb atau karena disuruh sama dosennya :D dan ternyata akhirnya gue bisa merasakan bawa tas kecil dan ringan :D selama ini, gue selalu bingung sama orang2 yang abwa tas ringan. kok mereka bisa ya? dan ternyata hana juga bisa :D hana mulai mengurangi perasaan bahwa hana harus bawa semua barang. sisi positif lainnya dalah hana mulai belajar percaya dan mengandalkan temen hana :D alhamdulillah :D 



thank you guys for reading :D
semoga saja ada pelajaran yang bisa kalian ambil dari pengalaman Hana :D

P.S. : mata kuliah favorit Hana di semester 3 adalah psikologi media sementara kalau di semester 4 tuh psikologi kognitif :D

Post Signature

Post Signature