Top Social

Teruntuk SALAM UI 16 (esai saat pendaftaran BPH SALAM UI 16)

|
Nama Saya Hana Bilqisthi. Saat ini saya mahasiswa psikologi angkatan 2010. Saya adalah seorang yang berpikir dahulu sebelum bertindak, melakukan perencaan, terus terang, dapat bekerja di dalam tim, dan rajin. Alasan utama yang mendorong saya mendaftar SALAM UI 16 adalah rasa cinta saya terhadap SALAM UI. Ada banyak manfaat yang saya dapatkan ketika saya menjadi staf PSDM SALAM selama dua kepengurusan, yaitu SALAM UI 14 dan i5, saya berharap dapat membalas kebaikan SALAM dengan memberikan kontribusi lebih kepada SALAM UI, yaitu mencalonkan diri menjadi BPH PSDM SALAM UI. Selama ini ketika menjadi staf, ide-ide saya terkadang tidak dapat dilaksanakan karena sudah memiliki rancangan program di awal yang tidak dapat diubah. Saya berharap dengan menjadi BPH saya dapat melaksanakan ide-ide saya tersebut. Selain itu, saya ingin mengaplikasikan ilmu psikologi yang saya miliki. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Pesan Rasulullah tersebut ingin saya amalkan melalui penerapan ilmu psikologi yang saya miliki jika menjadi BPH PSDM SALAMUI.  
SALAM UI sebagai rumah muslim UI menurut saya mimpi yang terlalu besar mengingat selama dua kepengurusan terakhir, bahkan pengurus SALAM sendiri belum semuanya merasakan SALAM sebagai rumah. Bahkan sebagian acara SALAM sendiri seolah-olah dari, oleh dan untuk pengurus SALAM.  Akan tetapi menurut saya hal tersebut bukannya tidak mungkin untuk diwujudkan.. Sesuai kata-kata bijak Walt Disney “if you can dream it, you can do it.”. Bisa jadi SALAM UI sebagai rumah, minimal untuk seluruh pengurus SALAM,  tidak dicapai dalam dua kepengurusan terakhir karena belum bermimpi sebesar itu sehingga kepengurusan sebelumnya tidak mencoba ke arah sana. Saya berharap dapat menjadi bagian yang mewujudkan mimpi tersebut  maka dari itu saya mendaftar sebagai BPH SALAM UI.
Untuk dapat membuat SALAM menjadi rumah muslim seUI tentu akan menghadapi berbagai  tantangan. Menurut saya, perlu langkah awal untuk membuat muslim seUI menganggap SALAM UI sebagai rumah muslim UI yaitu membuat SALAM dicintai oleh muslim seUI. Perlu teknik marketing, pencitraan dan penyelenggaran program-program SALAM yang baik dan dapat sedang diminati muslim seUI. Betapa membahagiakan jika sebagian besar muslim seUI mencintai SALAM UI dan menganggap SALAM sebagai rumah. Mungkin salah satu contoh betapa SALAM dekat dengan mereka adalah tiap mendenger kata “Salam” dalam obrolan, mereka langsung mengasosiasikannya dengan SALAM UI. Hal serupa terjadi ketika mereka sedang membaca buku atau status update baik di facebook dan twitter.
Peran PSDM di mata saya adalah membuat seluruh pengurus  SALAM mengenal dan mencintai SALAM sehingga mengganggap SALAM sebagai rumah. Para pengurus ini dapat menjadi duta SALAM dalam menyebarkan berita kepada teman-teman terdekatnya bahwa betapa mereka mencintai SALAM dan mengganggap SALAM sebagai rumah. Pesan mulut ke mulut merupakan strategi marketing yang ampuh. Hal ini disebabkan seseorang lebih mempercayai apa yang dikatakan orang-orang terdekatnya dibanding orang asing. Salah satu inovasi yang akan saya lakukan adalah program “aku suka SALAM”, yaitu dengan meminta para pengurus SALAM membuat karya, entah dalam bentuk esai, puisi, poster atau video (sesuai kemampuan mereka) untuk menceritakan hal yang mereka sukai dari SALAM dan harapan mereka terhadap SALAM. Diharapkan program ini akan menumbuhkan rasa cinta terhadap SALAM dan muslim UI yang berada dekat dengan pengurus SALAM. Pemberitaan dari mulut ke mulut tersebut diharapkan tidak terhenti pada teman-teman terdekat pengurus SALAM, namun menjadi rangkaian panjang sehingga makin banyak muslim UI mencintai SALAM. Saya sendiri membayangkan SALAM UI dalam konteks sebagai rumah muslim UI adalah tempat peristirahatan para anggotanya, tempat kembali ketika merasa lelah karena tahu datang ke SALAM akan membawa perasaan semangat. Saya membayangkan para pengurus Salam mendatangi SALAM dengan perasaan senang, tidak merasa pekerjaan sebagai beban.  Inovasi lain yang saya lakukan adalah penulisan surat kontrak kerja perpengurus (perorang) yang berisi tanggung jawab dan hak pengurus sehingga pengurus SALAM mengetahui apa yang mereka harapkan dan dapatkan dari SALAM. Selain itu, saya menginginkan setiap pengurus memiliki kartu nama pengurus SALAM di awal kepengurusan. Kartu nama ini berfungsi sebagai pengingat bahwa mereka adalah bagian dari SALAM. Harapan dari kepemilikan kartu nama adalah pengurus merasa memiliki SALAM karena memegang “benda yang terdapat identitas SALAM”. Selain itu, untuk menumbuhkan rasa kepemilikan terhadap SALAM dalam diri pengurus saya akan membagikan database SALAM kepada seluruh pengurus SALAM entah dalam soft copy atau phonebook dengan tujuan para pengurus SALAM saling mengenal anggotanya satu sama lain.
Saya juga berencana melakukan kerjasama dengan biro MENTARI agar melakukan pencatatan khusus mengenai presensi pengurus. Saya melihat bahwa presensi acara-acara SALAM tidak memisahkan antara pengurus SALAM dengan yang bukan sehingga menyulitkan proses penilaian kinerja. Selain itu, saya berencana membuat penilaian berdasarkan kriteria untuk kinerja pengurus SALAM dan penilaian tersebut diberitahu di awal pertemuan silaturahmi sehingga pengurus SALAM mengetahui kinerja apa yang diharapkan dari mereka. Misalnya 50% penilaian kinerja dari presensi kehadiran pada rapat, 20% dari presensi acara-acara SALAM, dan 30% dari hasil keberhasilan  tuags yang dijalankan. Saya juga membayangkan mekanisme perizinan atau pengganti presensi .Saya masih merancang soal penilaian ini akan tetapi saya akan membuat presensi sebagai penilaian utama.
Jika diibaratkan dalam sebuah keluarga maka PSDM adalah seorang ibu, dimana PSDM bertanggung jawab akan tumbuh berkembangnya kebersamaan pengurus dan alur kaderisasi SALAM UI. PSDM adalah ibu yang selalu berusaha membuat pengurus SALAM merasa sebagai satu kesatuan dan memfasilitasi program-program yang dirasa dapat mengembangkan potensi pengurus SALAM. Saya berharap dengan suksesnya PSDM membuat pengurus SALAM mencintai SALAM membuat kinerja mereka lebih terasa ringan dan memunculkan ide-ide kreatif yang dapat mengembangkan SALAM ke arah lebih baik. Semoga saja SALAM UI 16 sebagai rumah muslim UI dapat benar-benar terwujud. 
SALAM UI 16: Saudara selamanya!



2 komentar on "Teruntuk SALAM UI 16 (esai saat pendaftaran BPH SALAM UI 16)"
  1. salut.. tetap semangat psdm sejati :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah... dibaca kak darmawan :D makasih banyak kakak :D amin :D

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature