Top Social

7 Buku yang Sebaiknya Dibaca Saat Patah Hati

|



Siapa sih yang mau patah hati?
Ngga ada kan?
Tapi sayangnya patah hati merupakan salah satu hal yang terjadi dan harus dihadapi dalam hidup.
Ketika patah hati, ada 7 atau 5 tahapan yang biasa dihadapi, bisa baca The 7 Stages of Grieving a Breakup atau The 5 Stages of Grieving the End of a Relationship
So take it easy on yourself :)

Image Courtesy of Padurariu Alexandru at unsplash.com



Berikut 7 buku pilihan Hana Bilqisthi yang menurut Hana bagus dibaca jika sedang patah hati:

1.       Al- Quran

Kitab suci umat Islam ini adalah surat cinta Allah untuk hambaNya. When our heart feel broken, we need lots of love and we can find lots of love in the Quran. Even better, we find the everlasting love.
Random aja buka dengan niat mencari petunjuk terus baca :D Semua ayat dan surat di Al-Quran bagus. :D Really comforting :'
Tapi kalau bingung mau baca apa, mungkin bisa baca Surat ke-12, Surat Yusuf dan Surat ke-58, Al-Mujadallah. Hana pernah cerita alasan Hana suka surat Yusuf disini. Kalau alasan untuk surat Al-Mujadallah mungkin bisa tonton 2 video keren ini:

atau


2.       Reclaim Your Heart: Personal Insights on Breaking Free from Life's Shackles atau Reclaim Your Heart (Rebut Kembali Hatimu): Wawasan-Mencerahkan tentang Cinta, Duka, dan Bahagia

Buku self-help karangan Yasmin Mogahed ini keren dan membuka mata banget. Selama ini mungkin kita sering mengalami patah hati, kesedihan dan kekecewaan yang berulang dalam hidup dan buku ini berusaha menjelaskan mengapa hal tersebut terjadi dan bagaimana agar kita keluar dari lingkaran tersebut.

“So often we experience things in life, and yet never see the connections between them. When we are given hardship, or feel pain, we often fail to consider that
the experience may be the direct cause or result of another action or experience.
Sometimes we fail to recognize the direct connection
between the pain in our lives and our relationship with Allah SWT”

3.       From MTV to Mecca: How Islam Inspired My Life atau A Thousand Miles of Faith: Perjalanan Seorang VJ MTV Eropa Menemukan Hidayah Islam

Buku ini menceritakan bagaimana Kristiane Backer, VJ MTV Eropa dalam mengenal, menemukan dan jatuh cinta pada Islam. Kristiane Backer sempat berpikir bahwa pendamping hiduplah yang dia butuhkan, ternyata Tuhan lah yang hilang dalam hidupnya. Ada beberapa patah hati yang dia alami, termasuk perceraian ,tapi tidak membuatnya kapok menikah/menjalin hubungan.

‘All loves are a bridge to  Divine love.
Yet, those who have not had a taste of it do not know!’

4.       Attachment
Novel karangan Rainbow Rowell ini menceritakan kisah cinta sebelum pandangan pertama, karakter cowok utamanya Lincon, security internet officer, jatuh cinta pada Beth karena membaca email antara Beth dan sahabatnya Jennifer.
Mengapa ini bagus dibaca saat patah hati?
Ini bakalan spoiler sih. Hehe
Well, Ceritanya seru, fun, dan lucu.
It teach you to let go the wrong one.
Lincon sangat mencintai cinta pertamanya sekaligus pacarnya ketika SMA, Sam.

I couldn't love anyone more than I do you, it would kill me. And I couldn't love anyone less because it would always feel like less. Even if I loved some other girl, that's all I would ever think about, the difference between loving her and loving you.

Sayangnya ketika menjalani LDR saat mereka berdua duduk di bangku kuliah, Sam selingkuh dan memutuskannya.


Beth, sangat mencintai pacarnya, Chris, dan telah bersama hingga 8 tahun.

He never hurries. He never shows his cards. He always hangs up first....Like when we first started talking on the phone, he would always be the one who got off first. When we kissed, he always pulled away first. He always kept me just on the edge of crazy. Feeling like I wanted him too much, which just made me want him more....[It was] excruciating and wonderful. It feels good to want something that bad. I thought about him the way you think about dinner when you haven't eaten for a day and a half. Like you'd sell your soul for it.”

Beth menunggu dan berharap Chris melamarnya, yang sayangnya tidak juga terjadi.

I’m not married. I’m not even close. Even if I were to break up with Chris tomorrow and meet someone new the very next day, my plan still wouldn’t be salvageable. It would take a year or two to figure out whether we were right for each other, at least six months to be engaged …That puts me at 31, 32 before I can get pregnant.

And that’s being overly optimistic. If I broke up with Chris tomorrow, I’d be a mess for a year (30).

Membaca novel ini membuat Hana berpikir bahwa terkadang kita harus melalui hubungan yang buruk atau yang membuat patah hati sehingga kita belajar beberapa hal, dan suatu saat seseorang akan datang dan made you realized why it never work out with anyone else before.

Pelajaran lain: If you could love the wrong one that much, Imagine when you meet the right one?

We dont have to rush everything. If it meant to be, it will mean to be.

5.       Skip Beat Manga
Merasa pernah mencintai seseorang dan bahkan rela melakukan apa saja untuknya, namun he/she is taken you for granted? Well, manga ini cocok untukmu, mungkin kalian bisa ikut merasakan yang Kyoko alami.

Kyouko Mogami lived solely for her childhood friend Shoutaro "Shou" Fuwa. She follows Shou to Tokyo so that he may realize his dream of becoming a famous singer. When his dream is realized, Kyouko overhears the truth behind his decision to bringing her with him: he was using her as a maid.

Shocked and enraged, Kyouko swears to take revenge by outdoing him in show business. With a new look and a new attitude, she joins LME, the agency where Ren Tsuruga (Shou's rival and the #1 actor of LME) works, in the hopes of achieving her goal of destroying Shou's pride.

Along the way, she discovers her true self, makes new friends (and enemies), and finds herself at the heart of some interesting situations that will change her life, and the lives of all others involved, forever.

Image from Hana Yume Official website



6.       Naruto Manga
Yes, kamu ngga salah baca. Meski ini shonen manga, aku merekomendasikan Naruto untuk dibaca saat patah hati.
Naruto menyukai teman satu timnya, Sakura, meski mengetahui Sakura menyukai Sasuke.
Suka sama sikap positif Naruto yang mencintai Sakura sepenuh hati, meski akhirnya ngga berakhir sama Sakura. 
Image download from Mangahere Facebook Fanpage


Naruto ngga menyesal pernah suka sama Sakura dan bahagia saat melihat Sakura bahagia. Naruto akhirnya menikah dengan Hinata, cewek yang diam-diam mencintainya.

Lesson learned: “Jika kamu tidak bersama dengan orang yang kamu doakan, mungkin kamu akan bersama seseorang yang diam-diam menyebut namamu dlm doanya.”

Kalau Naruto aja bisa move on dari Sakura, kita juga harusnya bisa! Dattebayo!

7.       Hirunaka no ryuusei
Shizuku atau Chun-chun jatuh cinta sama teman pamannya sekaligus wali kelasnya, Shisio. Terlepas Shisio dan Chun-chun saling menyukai satu sama lain, sayangnya mereka tidak dapat bersama. Mungkin kalian pernah mengalaminya, meski sama-sama saling menyukai, kalian tidak melihat masa depan dalam hubungan kalian. Menarik melihat bagaimana Shisio dan Chun-chun move on dari satu sama lain.

Image download from we heart it


Beberapa quotes yang bagus:

I knew this was a losing battle. Even though the outcome was obvious, I still wanted to bet on that one millimeter of a possibility. -Shisio

To turn someone down and to be turned down by someone... To be hurt by someone and to hurt someone... A love where no one gets hurt doesn't exist. -Suzume

The fun things, the painful things, the things that happened, the things we've cried about, the things we've smiled about, when we remember them, everything will be glittering.

Whether we move forward or stop, we're going in different directions little by little. -Suzume

There were many tears, many unsure times, and many troubled moments. The fun memories were only a few, but even so, those memories will shine bright like stardust and continue to shine on in my heart. -Suzume



Well, selamat membaca! Semoga berhasil melewati atau menyelesaikan salah satu chapter dalam hidupmu! 
Good luck! Semoga Allah membukan jalan untukmu!
4 komentar on "7 Buku yang Sebaiknya Dibaca Saat Patah Hati"
  1. Saya baca yang 1 sama 6 aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha bebas kok :D kan namanya rekomendasi :D selamat membaca ya :D

      Hapus
  2. Pengen baca yang nomor 4 :')
    baca cuplikannya aja udah bikin berkaca-kaca T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Attachment ceritanya seru dan mengharukan :D udah diterbitkan versi terjemahannya oleh penerbit spring lho :D
      ayo baca audi :D

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature