Top Social

Dementor dan Mantra Patronus

|

Dementor dan Mantra Patronus

Dementor─sebuah kata yang pasti tidak asing untuk penggemar Harry Potter, baik novel maupun filmnya. Harry Potter adalah novel anak-anak best-seller karya J. K. Rowling. Harry Potter bertemu pertama kali dengan dementor ketika di tahun ketiganya di Hogwarts.
Dementors are among the foulest creatures that walk this earth. They infest the darkest, filthiest places, they glory in decay and despair, they drain peace, hope, and happiness out of the air around them... Get too near a Dementor and every good feeling, every happy memory will be sucked out of you. If it can, the Dementor will feed on you long enough to reduce you to something like itself...soulless and evil. You will be left with nothing but the worst experiences of your life.Remus Lupin to Harry Potter (harrypotter.wikia.com).
Dementors berasal dari kata dement yang berarti "to make insane" dan kata tormentor yang berarti "one who afflicts with great suffering".  Jadi, dementor berarti "one who inflicts insanity". Dalam kehidupan nyata, dementor bisa diasosiasikan dengan stres. Stes dan dementor memiliki persamaan yaitu dapat membuat seseorang merasa tertekan, sedih, dan putus asa. Definisi stres menurut Taylor (1995 dalam Nietzel, Bornstein, & Milich, 1998) Stress is the negative emotional and psychological process that occurs as people try to adjust to or deal with environmental circumstances that disturpt, or threaten to distrupt their daily function.”. Pemicu stres ada bermacam-macam, misalnya daily hassles, perubahan besar dalam hidup, rasa sakit dan ketidaknyamanan, konflik, bencana alam dan irrational beliefs.
Dalam novel Harry Potter, dementor tidak dapat dibunuh. Hal tersebut merupakan salah satu kemiripan dementor dengan stress, kita tidak dapat menghilangkan stres dari kehidupan kita. Namun bukan berarti dementor dan stress tidak dapat diatasi. Kita dapat mengatasinya. Harry potter menggunakan mantra patronus untuk melawan dementor. Kunci kesuksesan dalam menggunakan mantra tersebut, Harry Potter harus mengingat pengalamannya yang paling membahagiakan. Begitu pula dengan stres,  kita harus mengingat hal-hal positif, mencoba tertawa dan melakukan hal yang kita sukai agar dapat mengatasi stres.
Kisah Harry Potter melawan domentor merupakan ilustrasi yang digunakan pengarang, J.K. Rowling untuk menggambarkan stres yang bisa datang kapan saja dan bagaimanan cara mengatasinya. Alangkah baiknya jika kita memandang stress sebagai suatu situasi yang dapat diselesaikan dan merupakan kesempatan untuk mengembangkan diri.

Terinspirasi
Workshop Pemahaman Diri tanggal 27 November 2010 di Auditorium Psikologi Universitas Indonesia
Daftar pustaka
Nietzel, M.T., Berstein, D.A., & Milich, R. (1998). Introduction to clinical psychology. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.
Dementor. (n.d.) Retrieved from http://harrypotter.wikia.com/wiki/Dementor


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature