Top Social

Kenalilah diri anda

|

Kenalilah diri anda

Filsuf Yunani Socrates pernah berkata “Kenalilah dirimu”. Anda juga sering mendengarnya bukan? Pertanyaan “Siapakah anda?” sering diajukan agar anda mendreskipsikan diri anda, kelebihan dan kekurangan anda. Pertanyaan tersebut terkesan mudah untuk dijawab. Namun kenyataannya, sering sekali banyak orang tidak mampu menjawabnya. Ketika diajukan pertanyaan tersebut, teman-teman saya sering kali malah balik bertanya “Eh, gue orangnya kayak gimana sih?”.
Mengapa kita perlu mengenal diri kita sendiri? Keuntungan pertama adalah seseorang yang mengenal dirinya mengetahui apa yang ia rasakan dan alasan dari tingkah lakunya. Contohnya jika seseorang mengetahui bahwa dirinya memiliki kecemasan yang tinggi dan tidak mampu belajar dengan SKS (Sistem Kebut Semalam), maka dia akan belajar dengan menyicil. Jika dia tidak mengetahui bahwa dia memiliki kecemasan yang tinggi dan tidak mampu belajar dengan sistem kebut semalam, tetapi malah belajar dengan sistem kebut semalam maka kemungkinan besar dia akan merasa panik dan cemas namun dia kebingungan apa yang menyebabkannya panik dan cemas.
Keuntungan kedua mengenal diri sendiri adalah seseorang dapat menentukan strategi hidup disesuaikan dengan kelebihan dan kekurangan diri yang dimiliki untuk mendapatkan tujuan hidupnya. Dengan mengetahui kelebihannya, seseorang tahu apa saja yang kekuatan yang mendukung untuk memperoleh mimpinya. Sementara dengan mengetahui kekurangan, seseorang bisa memperkirakan hal-hal apa saja yang mungkin menghambatnya dalam memperoleh tujuan dan mengambil tindakan yang mampu membantunya mengatasi hal-hal yang mungkin menghambatnya. Sebagai contoh Rani adalah seorang mahasiswa yang pekerja keras, teroganisir, terjadwal, tertutup, sulit beradaptasi dan tidak berani mengambil resiko. Rani bercita-cita lulus S1 dalam waktu 3,5 tahun dan IPK di atas 3. Kelebihan Rani adalah pekerja keras, terorganisir, terjadwal. Dengan kelebihannya, Rani bisa sukses di bidang akademik dan mewujudkan mimpinya untuk lulus S1 dalam waktu 3,5 tahun dan IPK di atas 3. Namun sifatnya yang tertutup, sulit beradaptasi dan tidak berani mengambil resiko akan menghambatnya sukses di perguruan tinggi. Jika Rani tidak mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Rani akan kebingungan menentukan tindakan apa yang perlu dia lakukan. Sementara jika Rani mengetahui kelebihan dan kekurangannya, Rani bisa mengoptimalkan kelebihannya dan meminimalisir kekurangannya. Mengenal diri sendiri akan memberikan kesempatan untuk merubah hal-hal yang ingin diubah, dan mewujudkan kehidupan yang diinginkan.
Lalu bagaimana caranya agar kita mengenal diri kita? Proses mengenal diri dapat dilakukan melalui introspeksi yang dilakukan oleh diri sendiri dan umpan balik yang diberikan oleh orang lain. Namun diantara dua cara tesebut, umpan balik dari orang lain lebih efektif karena sulit bagi seseorang menilai dirinya sendiri secara obyektif. Hal ini disebabkan sulit bagi seseorang untuk melepaskan subyektivitasnya dalam menilai diri sendiri. Selain itu, orang lain lebih mudah menilai secara obyektif.

Ada dua alasan yang menyebabkan mengenal diri sendiri sangatlah penting. Alasan pertama yaitu seseorang yang mengenal dirinya mengetahui apa yang ia rasakan dan alasan dari tingkah lakunya. Alasan kedua adalah seseorang dapat menentukan strategi hidup yang disesuaikan dengan kelebihan dan kekurangan dirinya untuk mendapatkan tujuan hidupnya. Cara mengenali diri sendiri ada dua yaitu melalui introspeksi diri dan umpan balik dari orang lain. Namun cara mengenal diri sendiri dari umpan balik dari orang lain lebih efektif karena penilaian yang diberikan lebih obyektif.

Daftar Pustaka

Singgih-Salim, E. E. & Zarfiel, M.D. (2006). Pengenalan diri In Singgih-Salim, E. E. & Sukadji, S. (Eds.), Sukses belajar di perguruan tinggi (pp. 141-149). Yogyakarta: Panduan.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature