Top Social

Hikmah jangan tergesa-gesa

|
Hana merasa aneh waktu mendengar hadis jangan tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu, bahkan termasuk berjalan hendak shalat ke mesjid untuk shalat.

“Ketenangan itu dari Allah dan tergesa-gesa itu dari syaitan” (HR. Turmudzi dalam Sunan Turmudzi Bab Maa Jaa fii al-Ta’anni wa al-’Ajalah hadis no. 1935 juga terdapat dalam al-Muntaqa syarh Muwattha’ Malik).


” Jika kalian mendatangi shalat hendaklah kalian (berjalan dengan) tenang. Ikutilah raka’at yang dapat kalian ikuti dan sempurnakanlah raka’at yang tertinggal.” (HR Bukhari Muslim).



bukankah menyegerakan kebaikan adalah sesuatu yang baik?


Image Download from http://www.crunchyroll.com/library/Ai_Haibara

Sampai kemudian Hana membaca tentang penelitian eksperimen orang samaria yang baik (good samaritan). Jurnalnya bisa didownload disini.

John Darley dan C. Daniel Batson pada tahun 1973 meneliti mengenai pengaruh kepribadian dan situasi dalam perilaku menolong yang terinspirasi dari cerita orang samaria yang baik di Injil.
Orang samaria menolong orang yang kesakitan di jalan sementara pendeta dan orang Levite yang lebih dulu melewatinya malah tidak menolong. Cerita ini sering diartikan bahwa orang baiklah yang akan berhenti menolong sementara yang tidak baik, tidak akan berhenti menolong.

Namun John Darley dan C. Daniel Batson mempertanyakan apakah keputusan menolong tidaknya seseorang hanya dipengaruhi oleh kepribadiannya? Atau faktor situasi juga berpengaruh?

Penelitian ini melibatkan 40 siswa di Princeton Theological Seminary yang sudah mengisi kuesioner kepribadian dan religiusitas. Mereka diminta mengisi kuesioner kemudian setelah selesai mereka diminta pergi ke gedung lain untuk mengerjakan tugas ceramah (berbicara) mengenai pekerjaan atau cerita orang samaria yang baik.

Ada tiga perbedaan tingkat ketergesaan dalam memberi tahu peserta untuk pergi: diberi tahu bahwa mereka sudah terlambat dan asisten peneliti sudah menunggu dari tadi (high hurry),  diberi tahu bahwa ada asisten peneliti yang sudah siap menunggu (intermediate hurry), dan diberi tahu bahwa asisten peneliti sedang bersiap-siap, tapi lebih baik peserta pergi ke gedung lain dari sekarang (low hurry).

Dalam perjalanan ke gedung lain, terdapat confederate (aktor yang merupakan bagian dari studi) yang berpura-pura kesakitan dan membutuhkan bantuan. 

Pertanyaannya peserta seperti apakah yang akan menolong?

Ternyata hasilnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok yang diberi tugas ceramah mengenai pekerjaan dan cerita orang samaria yang baik, tapi terdapat perbedaan signifikan jika dilihat dari tingkat ketergesaan.
Dalam kelompok high hurry, hanya 10% peserta yang berhenti menolong confederate, sementara ada 45% yang menolong confederate dari kelompok intermediate hurry, dan dalam kelompok low hurry, yang berhenti menolong mencapai 63%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku menolong ternyata cenderung dipengaruhi oleh faktor situasi, tidak hanya kepribadian.


Hal lain yang Hana pelajari adalah jangan terlalu cepat melabel orang lain "jahat" karena tidak menolong, mungkin mereka sedang terburu-buru.

Membaca penelitian ini membuat Hana inget cerita Ali yang berjalan pelan-pelan di belakang seorang Kakek Yahudi dalam perjalanannya menuju salat subuh di mesjid. Melihat kebaikan tersebut, malaikat pun menahan rukuk Rasulullah agar Ali bisa ikut shalat berjamaah.

Mungkin salah satu hikmah jangan tergesa-gesa dalam berjalan ke mesjid dan melakukan sesuatu adalah agar kita tidak melewatkan kesempatan menolong.


O ia hana juga belajar hal lain, pertanyaan hana salah, Saudara-saudara.
Hehe
Ada perbedaan antara bersegera dan tergesa-gesa, bisa baca disini dan disini. :D



Daftar Pustaka


Darley, J. M., & Batson, C. D. (1973). “From Jerusalem to Jericho”: A study of situational and dispositional variables in helping behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 27(1), 100–108. doi:10.1037/h0034449

Tulisan ini ikut serta dalam gerakan #NulisRandom2015 dari 1 Juni-30 Juni 2015

Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature