Top Social

Apa Bahasa Cintamu?

|
Pernah merasa tidak dicintai /tidak disayang oleh orang-orang terdekat (keluarga dan sahabat)? Bagaimana jika ternyata mereka benar-benar mencintai atau menyayangi kita tapi bahasa cinta mereka yang berbeda?




Image Courtesy of mack2happy at freedigitalphotos.net



Hana baru baca lagi buku Gary Chapman The 5 Love Languange: The Secret to Love Last. Ternyata ada 5 bahasa cinta, yaitu :

a.       Words of affirmation
Tindakan tidak selalu berbicara lebih keras daripada kata-kata. Jika ini adalah bahasa cinta Anda, pujian yang tidak diminta sangat penting untuk Anda. Mendengar kata-kata, "Aku mencintaimu," dapat membuat semangat Anda naik hingga ke langit. Penghinaan bisa membuat Anda hancur dan sulit dilupakan. Anda berusaha untuk mendengar  encouraging words (kata-kata yang mendorong) and kind words (kata-kata yang ramah).

b.      Quality Time
Bagi orang yang bahasa cinta utamanya adalah quality time, tidak ada yang dapat mengatakan "Aku mencintaimu" seperti perhatian penuh. Berada di suatu tempat bersama  orang penting, dan benar-benar berada di sana dengan TV mati, HP ditaruh membuat Anda merasa benar-benar istimewa dan dicintai. Adanya gangguan, penundaan kegiatan, atau tidak didengarkan secara penuh bisa sangat menyakitkan. Menghabiskan waktu dengan mengobrol atau melakukan aktivitas  bersama tanpa ada gangguan dapat memperdalam hubungan Anda dengan orang yang bahasa cinta utamanya quality time.

c.       Receiving Gift
Jangan tertukar bahasa cinta menerima hadiah  dengan materialisme; orang yang bahasa cinta utamanya menerima hadiah menghargai cinta, perhatian, dan usaha di balik hadiah. Jika Anda berbicara bahasa ini, hadiah yang sempurna adalah isyarat  yang menunjukkan bahwa Anda dikenal, dirawat, dan berharga atas apa pun yang dikorbankan untuk membawa hadiah kepada Anda. Sebuah ulang tahun yang terlupa atau hadiah yang asal akan menjadi bencana bagi Anda. Hadiah adalah simbol tulus kepada Anda cinta orang lain dan kasih sayang untuk Anda.

d.      Act of Service
Apakah membantu atau menolong seseorang adalah ungkapan cinta? Tentu saja! Apa pun yang Anda lakukan untuk meringankan beban tanggung jawab pada orang yang bahasa cintanya act of service berarti cinta. Kata-kata yang Anda paling ingin mendengar: "Biarkan aku melakukannya untuk Anda.". Kemalasan, komitmen yang dilanggar, dan membuat lebih banyak pekerjaan bagi orang dengan bahasa cinta act of service akan membuat dirinya merasa tidak dipedulikan. Ketika orang lain melayani Anda karena cinta (dan bukan kewajiban), Anda merasa benar-benar dihargai dan dicintai.

e.      Physical Touch
Seseorang yang bahasa cinta utamanya physical touch tidak mengherankan sangat suka menyentuh. Pelukan, tepukan di punggung menunjukkan kegembiraan, perhatian, perawatan, dan cinta. Kehadiran fisik dan aksesibilitas sangat penting, sementara pengabaian dan pelecehan bisa tidak termaafkan dan destruktif. Sentuhan yang tepat pada waktu tepat berarti kehangatan, keamanan, dan cinta untuk Anda.

Kalain bisa ikut kuisnya disini untuk cari tahu bahasa cinta kalian.
Cara lain tahu bahasa cinta kalian tuh dengan cara ekspresi cinta apa yang kalian sering lakukan dan kalian sering komplain tentang apa. 

Hana sempet mengira bahasa cinta Hana words of affirmation, hana seneng pujian soalnya, tapi ternyata hasil Hana:
9              Receiving Gifts
7              Quality Time
5              Physical Touch
5              Words of Affirmation
4              Acts of Service

Setelah diinget-inget  lagi, Hana jarang muji orang juga. Hahaha
Temen Hana yang bahasa cinta utama words of affirmation sering banget muji orang. Hana lebih sering ngasih hadiah, ngga selalu hadiah besar, semacam kalau beli permen, Hana ngga beli buat diri sendiri tapi buat temen-teman deket Hana juga. Saking seringnya Hana ngasih hadiah, sahabat Hana, Kathy bilang kalau Hana mirip sinterklas. Hehehe

Hana jadi sadar itu juga alasan kenapa Hana sedih banget kalau pada lupa ulang tahun Hana. Tenang aja sekarang Hana belajar kok bahasa cinta orang beda-beda, kalau mereka lupa sepertinya receiving gift bukan bahasa cinta utama mereka jadi ya Hana harus maklum.


Kalau ngga merasa dicintai coba perhatiin deh apa arti cinta buat kalian? Pujian kah? Waktu bersama? Menerima hadiah? Melayani? Atau justru sentuhan?
Dari kelima hal tersebut, apa yang kalian sering keluhkan kalau tidak didapatkan? Apa ekspresi cinta yang kalian sering lakukan?
Terus orang-orang terdekat  (keluarga dan sahabat) sering ekspresi apa?

We assume others show love the same way we do
 — and if they don’t, we worry it’s not there.


Selamat mengenali bahasa cinta sendiri dan orang-orang terdekat :D 
Selamat belajar mengungkap cinta dengan bahasa cinta orang terdekat kita :D

We must be willing to learn our spouse’s primary love
language if we are to be effective communicators of love
Gary Chapman




Tulisan ini ikut serta dalam gerakan #NulisRandom2015 yang berlangsung sejak 1 Juni hingga 30 Juni 2015


Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature