Top Social

Main Ke Istiqlal: Sambut Ramadhan Kokohkan Keluarga Indonesia dengan Al-Quran.

|
Hari ini pertama kalinya Hana ke Mesjid Istiqlal. Alhamdulillah. Selama ini cuma lewat doang tapi ngga pernah mampir.

Hana pergi sama Mba Ana, tetangga kosan Hana. Kami naik kereta dari statiun tanah abang ke manggarai terus ke statiun Juanda. Hana kenalan juga sama temannya Mba Ana, Mba Tati. Kami pergi ke sana untuk menghadiri Kajian “Sambut Ramadhan Kokohkan Keluarga Indonesia dengan Al-Quran.”


Hana sempet beli CFC paket 5 (isinya cheese burger, friench fries, dan teh botol) di statiun Juanda karena pengen friench fries, akhirnya beli juga. Alhamdulillah :D Hana ngidam dari minggu lalu.
Friench fries CFC (12rbuan, belum pajak) lebih murah dibanding KFC (15ribuan, belum pajak) ternyata. Hohoho

Kami sampai di masjid istiqlal pukul 10.00, telat. Hehehe kajiannya udah mulai dari pukul 08.00.
Mba Ana bilang ini yang dateng banyak banget, bahkan banyak mobil yang parkir di luar, biasanya kajian bulanan istiqlal ngga sebanyak ini. Hana diem aja karena ngga punya ekspektasi apa-apa. Ini pertama kalinya ke istiqlal jadi ngga ada bayangan. Tapi yang dateng emang banyak banget.

Hana mau share catetan Hana, tapi karena Hana telat ya catetan ini ngga lengkap. Hehe
Enjoy:

Seperti apa keluarga yang sukses?
Banyak yang jawab yang tabungan banyak
Liburan ke singapura
Anak masuk harvard

Keluarga Sukses itu Keluarga yang masuk surga
Kalau harus pilih salah satu, pilih apa soleh atau kaya?
Kebanyakan ingin dua-duanya.
Tapi kalau harus memilih salah satu, pilihlah soleh.
Anak sholeh, kaya atau tidak akan memuliakan orang tuanya. Anak yang kaya tapi tidak soleh tidak memuliakan orang tuanya.
Ada seorang ayah yang membesarkan kedua anaknya seorang diri setelah ditinggal mati istrinya. Anak pertamanya berhasil jadi pengusaha sukses dan anak keduanya berhasil jadi dokter. Tetangganya pada kagum dan bertanya pada sang ayah apa tips ayah tersebut.
Sampai suatu hari sang ayah jatuh sakit stroke, dan kondisinya kritis. Saat anak pertamanya diberi tahu, dia bilang dia tidak bisa datang karena ada rapat yang sudah diplanning 6 bulan sebelumnya, dan bertanya berapa uang biayanya, dia bisa kirim uang. Saat anak keduanya diberi tahu, anak keduanya bilang dia sedang akan konferensi jurnal ilmiah dan tidak bisa datang, jadwal dia baru kosong 3 hari ke depan.
Kedua anak tersebut tidak datang saat ayahnya meninggal, bahkan tidak menguburkan ayahnya.
Seketika para tetangga sadar, bukan anak seperti inilah yang mereka inginkan.
Siapa yang ingin keluarganya masuk surga?
Mari sama-sama berdoa agar keluarga kita masuk surga.
Bagaimana caranya agar sekeluarga masuk surga?
Ada percakapan penghuni surga yang dicatat dalam Al-Quran:
Dan sebahagian mereka menghadap kepada sebahagian yang lain saling tanya-menanya. Mereka berkata: “Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada di tengah-tengah keluarga kami merasa takut [akan diazab].” (Q.S. At Thur 25-26.)

Sepotong kayu
Daunnya rembut
Lebat bunganya serta buahnya
Walaupun hidup seribu tahun, kalau tak sembahyang, apa gunanya
Walaupun hidup seribu tahun, kalau tak sembahyang, apa gunanya

Ajak keluarga shalat 
Bersabarlah
Allah tidak meminta rezeki kepada kita
Tapi Allah yang memberi rezeki
Jangan sampai lalai shalat karena mencari rezeki
Ada keluarga yang begitu anaknya lahir, baru berusia 18 jam dibawa ke mesjid
Umur 2 minggu dibawa diajak shalat subuh ke mesjid.
Ayahnya dan kakaknya bergantian mengendong saat shalat.
Setiap malam akhir pekan, mengahbiskan waktu ke mesjid
Infaq ke mesjid saat shalat subuh 50ribu perhari
Di usia 12 tahun, anak tersebut berhasil hafidz quran meski orang tua bukan hafidz.
Pastikan harta kita hahal, dan rajin sedekah untuk membersihkan harta kita.
Ketika harta halal, kita jadi gampang diajak berbuat baik
Jadikan rumahmu sebagai rumah ibadah, bukan bioskop.
Ada orang yang memindahkan mini bar dalam rumahnya.
Sama saja menjadikan rumah sebagai awal neraka

Tahu orang yang hidup sengsara?
Mereka yang tiada henti menerima pesan 24 jam
Waktu sudah dihabiskan di kantor, ternyata di rumah masih diganggu urusan kantor
Sudah jadi suami/Istri paruh waktu, di rumah pun demikian
Perlu diingat bahwa Ibu adalah madrasah anak-anak. Bertugas mengajarkan Al-Quran.
Suami adalah kepala madrasahnya.
Keduanya sama-sama berperan.
Jangan salahkan madrasahnya, jika kepala madrasahnya juga tidak baik.
Setiap masuk rumah, pakailah kaki kanan
ucapkan:
Assalamualaikum
Bismillah masya allah la haula wa la kuwata illa billa
Di rumah, Baca Albaqarah sampai selesai untuk mengusir setan
atau minimal baca 10 ayat dari surat Al-Baqarah (1-4), ayat kursi, 2 ayat setelah ayat kursi dan 3 ayat terakhir surat Al-Baqarah

Menghapal alquran syaratnya tidak harus mudah, seperti mati, syaratnya tidak harus tua.
Bukan untuk diburu-buru, ditunda-tunda tapi untuk dinikmati
Nikmat makan itu saat makan bukan saat selesai makan
Kalau nikmat setelahnya, maka nikmat makan nasi saja akan sama dengan nikmat makan ikan
Yang istiqomah menghapal itu yang menimatinya.
Nikmat menghapal seperti masuk taman yang indah, kenapa buru-buru keluar?
Nikmat tidak kalau menghafal quran? Nikmat
Apakah membuat pusing? Tidak
Perlu sabar tidak? Tidak
Yang diperlukan adalah syukur
Karena menghafal adalah nikmat
Nikmat perlu sabar apa syukur?
Perlu syukur
Semakin syukur, semakin cepat hapalnya
Lambat hapal karena mengganggap al quran sebagai musibah
Menghafal alquran yang nikmat adalah yang menghitung jumlah waktunya (durasinya)
Bukan jumlah ayatnya
Pertanyaannya: berapa jam sehari bersama al quran?
Paling sedikit 1 jam sehari untuk menghafal al quran
Karena hapal atau tidak bukan karena kemampuan kita , tapi kuasa dan izin Allah.

Semoga bermanfaat :D
semoga kita dan keluarga kita masuk surga :D

Tulisan ini dibuat dalm rangka ikut gerakan #NulisRandom2015 dari 1 Juni-30 Juni 2015 :D


Be First to Post Comment !
Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung :D
Yang menulis belum tentu lebih pintar dari yang membaca
Jadi, silahkan kalau mau memberikan kritik, saran, umpan balik & pujian.
:D

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Post Signature

Post Signature